PENERAPAN PERHITUNGAN DAN PELAPORAN PAJAK AIR BAWAH TANAH : STRATEGI UNTUK OPTIMALISASI PENDAPATAN ASLI DAERAH

  • Andi Arifwangsa Adiningrat Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Adil Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ayani Dinasti Azira Tahir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Fera Firyal Thahir Universitas Wira Bhakti Makassar
  • Idrawahyuni Idrawahyuni Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Pajak Daerah, Pajak Air Bawah Tanah, dan Pendapatan Asli Daerah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan perhitungan dan pelaporan Pajak Air Bawah Tanah sebagai strategi untuk optimalisasi Pendapatan Asli Daerah Kota Parepare. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi perhitungan dan pelaporan pajak air tanah pada PAM Tirta Karajae sebagai strategi terhadap pendapatan asli daerah menunjukkan bahwa perhitungan dan pelaporan pajak air bawah tanah sudah sesuai dengan aturan undang-undang yang berlaku dan pajak air bawah tanah juga berperan penting dalam menunjang pendapatan asli daerah yang optimal bagi Kota Parepare, namun terdapat kendala dalam perhitungan pajak air bawah tanah yaitu salah penginputan dan menyebabkan kesalahan pada hasil pajak yang terutang. Oleh karena itu, untuk
menghindari kesalahan yang sama dilakukan perhitungan kembali dan pihak perusahaan memberikan pelatihan khusus bagi karyawan. Mengoptimalkan penerimaan Pajak Air Bawah Tanah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sekaligus mendorong  pengelolaan sumber daya air yang lebih berkelanjutan.

References

Adiningrat, A. A., Subhan, S., & Nur, M. (2017). Analisis Kontribusi Pemungutan Pajak Hotel dan Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah di Dispenda Kota Makassar. Perspektif: Jurnal Pengembangan Sumber Daya Insani, 2(1), 188-193
Andriani, L., Sari, E. W., & Zahri, R. M. (2023). Analisis Sistem Pemungutan Dan Perhitungan Pajak Air Bawah Tanah Pada AWS hotel Madiun 2022. Seminar Inovasi Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA) 5 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas PGRI Madiun.
Arifwangsa, A., Said, S., & Husain, U. (2019). Analisis Perencanaan Pajak Melalui Penyusutan Aktiva Tetap dan Perhitungan Pajak Badan PDAM Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa. Amnesty: Jurnal Riset Perpajakan, 2(2), 47-52
Fitriani, F., Yusni, Y., & Sulistyaningsih, S. (n.d.). Analisis Potensi Pajak Air Tanah dan Kontribusinya Terhadap Penerimaan Pajak Daerah.
Fitriya. (2023). Jenis Pajak Daerah, Tarif, dan Ketentuan Pembayarannya. Mekari KlikPajak.
Hamonangan, N., & Putri, N. E. (n.d.). Kontribusi Pajak Air Tanah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Padang. https://ranahresearch.com.
Johannes, S. M., Karamoy, H., Kalalo, M. Y. B., Steffie, O. :, Johannes, M., Karamoy, H., Kalalo, M. Y. B., Akuntansi, J., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (n.d.). Calculation Analysis And Depositing Of Groundwater Tax At The Minahasa District Office Of The Regional Tax And Retribution Management Agency.
Ndiak, R., Ahmadi, M., & Saputra, D. (2023). Analisis Potensi Pajak Air Tanah Dan Kontribusinya Terhadap Penerimaan Asli Daerah (Studi pada Badan Pendapatan Daerah Kota Luwuk). Jurnal Ilmiah Manajemen EMOR (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset), Vol.7, No. 2, 133–144.
Suartama, D. (2023). Pajak Air Tanah: Objek dan Cara Menghitungnya . Ortax
Taufik, M. F., Ilat, V., & Wangkar, A. (2020). Analisis Efektivitas Pemungutan Pajak Air Tanah Sebagai Upaya Meningkatkan Penerimaan Pajak Daerah di Kota Ternate. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 15(2), 251-259
Peraturan Daerah Kota Parepare Nomor 12 Tahun 2023 tentang Pajak Air Tanah
Peraturan Walikota Parepare No.4 Tahun 2011
Peraturan Walikota Parepare No.38 Tahun 2011
Published
2024-07-31
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times