ANALISIS KEMUDAHAN PENGGUNA DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI SAMBARA

  • Anthi Puteri Rahmawati Universitas Telkom
Keywords: Information Complexity, SAMBARA Application, User Perception, Tax Administration, Public Service

Abstract

Peningkatan penggunaan teknologi dalam layanan publik memerlukan analisis mendalam mengenai kompleksitas informasi dalam aplikasi seperti SAMBARA untuk pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kompleksitas aplikasi dan persepsi pengguna, dengan fokus pada antarmuka pengguna, kejelasan informasi pajak, dan efektivitas aplikasi dalam memfasilitasi proses pembayaran. Melalui metode analisis regresi, penelitian ini berusaha untuk memahami bagaimana kompleksitas aplikasi memengaruhi adopsi pengguna. Hasil menunjukkan dampak signifikan dari aspek teknis aplikasi terhadap persepsi pengguna mengenai keandalan dan relevansi informasi. Penelitian ini menggunakan analisis regresi untuk menyelidiki hubungan antara kualitas aplikasi dan kualitas informasi dalam aplikasi pajak kendaraan bermotor SAMBARA. Analisis regresi menghasilkan hasil: Kualitas Informasi = 1.089 + 0.761 (Kualitas Aplikasi). Hasil ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas aplikasi sebesar 1% menghasilkan peningkatan kualitas informasi sebesar 0.761. Oleh karena itu, meningkatkan kualitas aplikasi secara positif berkontribusi pada peningkatan kualitas informasi yang disediakan oleh aplikasi SAMBARA di Jawa Barat. Temuan ini menunjukkan bahwa perbaikan SAMBARA dapat meningkatkan administrasi pajak lokal dan pengalaman pengguna, yang pada akhirnya mendukung pelayanan publik dan pengembangan infrastruktur yang lebih baik di Jawa Barat.

References

Armeliadinda, & Azis, E. (2020). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Pajak (Studi Kasus pada aplikasi Sambara di Jawa Barat). e-Proceeding of Management, 7(2), 2406.
Anggoro, D. D. (2017). Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Universitas Brawijaya Press.
Gustaviana, S. (2020). Pengaruh Program E-Samsat, Samsat Keliling, Pemutihan Pkb, Pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Dan Operasi Kepolisian Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Empiris Pada Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Di Ba. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1), 20-29.
Ningsih, D. I., Putri, A. A., & Marlina, E. (2022). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 2(1), 190-199.
Priyono, T., Wulandari, F., Rofiyanti, E., & Agustina, D. (2022). Analysis of Community Participation in Paying Motor Vehicles Tax through e-Samsat Service during Covid Pandemic at the Samsat Office in Jakarta Utara. Ilomata International Journal of Tax and Accounting, 3(2), 226-235.
Nurfalah, D. A., Defriani, M., & Nugroho, I. M. (2023). Redesign Aplikasi Samsat Mobile Jawa Barat (SAMBARA) Menggunakan User Centered Design (UCD). INFOKOM (Informatika & Komputer), 11(2), 47-58.
Fernandes, A. A. (2022). Metode Analisis Data Penelitian: Pendekatan Regresi. Universitas Brawijaya Press.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS versi 19. Universitas Diponegoro.
Rachmad, Y. E., Rahman, A., Judijanto, L., Pudjiarti, E. S., Runtunuwu, P. C., Lestari, N. E., . . . Mukhlis, I. R. (2024). Integrasi metode kuantitatif dan kualitatif: Panduan praktis penelitian campuran. PT. Green Pustaka Indonesia.
Satato, Y. R., Adilase, B. P., & Subrata, G. (2022). Kompetensi, disiplin kerja dan budaya kerja pengaruhnya terhadap kinerja pegawai. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(1), 1-7.
Sugihartono, T., & Putra, R. R. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Technology Acceptance Model pada Sistem Pelayanan Publik. SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, 6(2), 97-105.
Rahmaningtyas, W., Mulyono, K. B., Widhiastuti, R., Fadillah, N., & Faslah, R. (2020). Application of UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) to Understand the Acceptance and Use of the E-Learning System. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(4), 5051-5060.
Chughtai, M. S., & Khalid, Y. (2022). Learning Organizations and Innovative Work Behaviors: A Moderated Mediation Model of Creative Self-Efficacy and Self-Leadership from the Perspective of Social Cognitive Theory and Social Schema Theory. Journal of Innovative Research in Management Sciences, 22-41.
Anggara, E. P., Ansori, F., Hutomo, E. I., & Nugraini, R. P. (2024). Optimalisasi Penerimaan Pajak Daerah Melalui Pendekatan Partisipatif: Studi Korelasi Antara Ketaatan Fiskal Dan Pengabdian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandiri (JPMM), 2(2), 08-121.
Asyifah, A., Syafi'i, A., Hanipah, H., & Ispiyani, S. (2023). Pengembangan Aplikasi E-Commerce Untuk Peningkatan Penjualan Online. Action Research Literate, 7(1), 70-75.
Quick, K. S., & Bryson, J. M. (2022). Public participation. In Handbook on theories of governance. Edward Elgar Publishing Ltd , 158-168.
Alawattage, C. G., & Azure, J. D.-C. (2021). Behind the World Bank’s ringing declarations of “social accountability”: Ghana’s public financial management reform. Critical Perspectives On Accounting, 78.
Ortega-Rodriguez, C., Liceran-Gutierrez, A., & Moreno-Albarracin, A. L. (2020). Transparency as a Key Element in Accountability in Non-Profit Organizations: A Systematic Literature Review. Sustainability (Switzerland), 12(4), 1-21.
Berglund, E., Manroe, J. G., Ahmed, I., Noghabaei, M., Do, J., Pesantez, J. E., . . . Levis, J. (2020). Smart Infrastructure: A Vision for the Role of the Civil Engineering Profession in Smart Cities. Journal of Infrastructure Systems, 26(2).
Published
2024-09-09
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times