KEPUTUSAN PENGAMBILAN PINJAMAN: PENYEBAB DAN IMPLIKASINYA PADA KEBERLANJUTAN EKONOMI RUMAH TANGGA

  • Evalina Pakpahan Universitas Tjut Nyak Dhien
Keywords: ekonomi, pinjaman, rumah tangga

Abstract

Keterbatasan keuangan keluarga menjadi alasan untuk meminjam baik dengan lembaga keuangan yang legal maupun tidak. Apa saja yang menyebabkan Keputusan pengambilan pinjaman dan bagaimana keberlanjutan ekonomi rumah tangga menjadi tujuan studi ini. Sampel penelitian ini merupakan 54 rumah tangga yang merupakan nasabah Meekar yang ada di Desa Tanjung Gusta Deli Serdang dan pernah melakukan pinjaman 3 kali berturut. Data diolah menggunakan OLS hasilnya 1. Usia tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap pengeluaran rumah tangga keluarga nasabah Meekar. Tingkat pendidikan memberikan pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap pengeluaran rumah tangga keluarga nasabah Meekar.Jumlah tanggungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengeluaran rumah tangga keluarga nasabah Meekar.Kuantitas meminjam atau seberapa sering meminjam berpengaruh positif signifikan terhadap pengeluaran rumah tangga keluarga nasabah Meekar. Menunggak atau tidak membayar pinjaman pada waktunya berpengaruh terhadap Keputusan ngeboom pinjaman keluarga nasabah meekar namun pengaruhnya tidak signifikan.Penggunaan pinjaman berpengaruh tidak signifikan terhadap Keputusan ngeboom pinjaman keluarga nasabah mekaar.Besar pinjaman berpengaruh namun tidak signifikan Keputusan ngeboom pinjaman keluarga nasabah meekar.

References

Artikel
Aprilia, Ariz dan Ananda, Restu R., 2018. Analisis Partisipasi Pinjaman Rumah Tangga pada Lembaga Keuangan Mikro terhadap Tingkat Kesejahteraan. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, Volume 18 Number 3 Edisi Khusus Call for Paper JEPI. Pp 87-99.
Aulia, Zulkarnaini dan Kismawadi. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Mengajukan Kredit di Financial Technology (Fintech). II: Jurnal Investasi IslamVol. 5 No. 2, 135-152.
Futaqi, F. A. dan Susanti L.D., 2022. Dampak Pinjaman Bank Thithil Pada Ekonomi Rumah Tangga W. SETARA. Jurnal Studi Gender dan Anak. Vol. 04 No. 01 pp. 131-142.
Jaya, S.S., Harianto dan Hutagaol M. Parulian. 2017. Dampak Kredit Terhadap Ekonomi Rumah tangga Petani Kopi di Kabupaten Pati. JoFSA, Vol.1, No.1, pp. 21-29.
Jhingan, 2014. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Kasmir. 2019. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama. Cetakan Kedu abelas. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Safitriyah, I., Busyro, W., Septianingsih, R., dan Jamilah P. 2024. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat terhadap Pinjaman Online di Pekanbaru. Islamic Economics, Finance, and Banking Review, Vol. 4 No. 1, pp. 47 – 59.
Sjari, Dewi Ratna. Sinaga, Bonar M., Kusnaidi Nunung dan Syaukat Yusman., 2021. Dampak Pinjaman Mikro terhadap Kesejahteraan Rumah Tangga Perempuan Pengusaha Mikro dan Kecil. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, Vol. 22 No. 2 pp: 179–205.
William R. Emmons, dan Lowell R. Ricketts. 2016. The demographics of loan delinquency: tipping points or tip of the iceberg? Simposium “Tipping Points” — 9 Juni 2016. Ray Boshara Federal Reserve Bank of St. Louis.
Zakiati dan Sinaga, 2024. Faktor yang Menyebabkan Kredit Macet pada Debitur di Bank BRI Unit Pasar Baru Balikpapan. Jurnal Hukum, Politik dan Ilmu Sosial (JHPIS) Vol.3, No.3 Hal 331-342.

Buku:
Eddy Rinaldy. 2009. Membaca Neraca Bank, Jakarta: Indonesia Legal Center Publishing.
Elfrindi, Ekwarso dan Zamzami. 2019. Ekonomi Pembangunan Daerah. Depok: RajaGrafindo Persada.
Hadiwidjaja dan. R. A. Rivai Wirasasmita. 2007. Analisis Kredit. Bandung: Pionir Jaya.
Husnan Suad dam Pudjiastuti, Enny., 2012. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yokyakarta: UPP STIM YKPN.
Jaya, W.K., 2021. Ekonomi Kelembagaan: Studi Kasus Sektor Transportasi dan Sektor Ekonomi Lainnya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Nidar. S. R, 2022. Teropong Keuangan dan Ekonomi Bangsa. Bandung: Reka Cipta.

Undang-Undang
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Lembaga Keuangan Mikro

Website:
OJK. Perencanaan Keuangan Keluarga. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/images/FileDownload/25_Buku_Perencanaan_Keuangan.pdf
Persebaran Nasabah Pnm Mekaar dan Ulamm. 2022. https://unitedcreative.oss-ap-southeast-5.aliyuncs.com/web/assets/report/Laporan_Persebaran_Nasabah.pdf
Published
2024-10-11
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times