PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA BARU MI AL KHOIRIYYAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media sosial Instagram dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan minat siswa baru di MI Al Khoiriyyah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, dan analisis dokumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Sherry Turkle tentang hubungan manusia dan teknologi, teori pemasaran digital dari Andrew T. Stephen, dan teori soft power dari Joseph Nye. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Instagram secara efektif dapat menarik perhatian calon siswa dan orang tua melalui konten visual yang menarik dan informatif. Dibagian postingan meliputi kegiatan sekolah, layanan siswa, dan informasi disajikan dengan cara yang mudah dipahami dan langsung ke pokok bahasan. Selain itu, interaksi aktif antara pengguna Instagram dan administrator sekolah membantu memperkuat hubungan dan meningkatkan kepercayaan terhadap institusi tersebut. Studi ini juga menemukan bahwa Instagram dapat digunakan sebagai platform untuk menyoroti nilai-nilai dan tradisi sekolah, yang dapat menjadi pertimbangan penting bagi orang tua ketika memilih sekolah untuk anak - anak mereka kegiatan ekstrakurikuler, prestasi akademik , dan fasilitas sekolah, MI Al Khoiriyyah dapat memberikan informasi yang komprehensif tentang lingkungan belajar yang mereka sediakan.
References
Ainiyah, N., Ibrahimy, U., & Situbondo, S. (2018). REMAJA MILLENIAL DAN MEDIA SOSIAL : MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENDIDIKAN BAGI REMAJA MILLENIAL. 2(April), 221–236.
Antasari, C., & Pratiwi, R. D. (2022). Pemanfaatan Fitur Instagram Sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran Kedai Babakkeroyokan Di Kota Palu. Kinesik, 9(2), 176–182.
Appel, G., Grewal, L., Hadi, R., & Stephen, A. T. (2020). The future of social media in marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 48(1), 79–95. https://doi.org/10.1007/s11747-019-00695-1
Brahmini, I. A. B., & Supriyadi, D. (2019). Kontribusi intensitas komunikasi di media sosial Instagram terhadap citra tubuh remaja perempuan pelajar SMA di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 109. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i01.p11
Kaplan, A., & Haenlein, M. (2020). Rulers of the world, unite! The challenges and opportunities of artificial intelligence. Business Horizons, 63(1), 37–50. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2019.09.003
Kemp, S. (2023). Digital 2023: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia
Mulyani, Y. S., Wibisono, T., & Hikmah, A. B. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Untuk Pemasaran Bisnis Digital Sebagai Media Promosi. Hospitality, 11(1), 291–296. http://stp-mataram.e-journal.id/JHI
Nur Komariah, D. (2024). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Pondok Pesantren Al- Baqiyatussa ’ Diyah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 1–13. https://journalsacademy.com/index.php/OJS/
Nurhayati, H., &, Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Rafiq, A. (2020). Dampak media sosial terhadap perubahan sosial suatu masyarakat. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 18–29.
Rahmawati, F. (2023). Analisis Hukum dan Syariah dalam Budaya Digital. Al-Hiwalah : Journal Syariah Economic Law, 2(1), 37–53. https://doi.org/10.47766/alhiwalah.v2i1.1473
Ramadhan, F. H., & Firdaus, M. (2017). Pemanfaatan media sosial instagram akun@ MR. CREAMPUFF sebagai promosi dalam meningkatkan penjualan. Riau University.
Romadhoni, B. A. (2018). Meredupnya Media Cetak, Dampak Kemajuan Teknologi Informasi. An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam, 10(1).
Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan Media Sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69. https://www.researchgate.net/profile/Astari-Clara-Sari/publication/329998890_KOMUNIKASI_DAN_MEDIA_SOSIAL/links/5c2f3d83299bf12be3ab90d2/KOMUNIKASI-DAN-MEDIA-SOSIAL.pdf
Sartika, R. E. A. (2019). Penemuan yang Mengubah Dunia: Media Sosial, Kenapa Bikin Panik saat Diblokir. Kompas.
Sunarwan, B. (2015). AKTIFITAS KOMUNIKASI DAN MEDIA SOSIAL (Survai Pola Komunikasi Masyarakat DKI Jakarta Melalui Social Network Sites). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 19(1), 1–14. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jskm/article/view/190107/235
Surahman, S. (2019). Post-Truth, Masyarakat Digital, dan Media Sosial. In Komunikasi dalam Media Digital (Issue August).
Zuwirna. (2020). Buku_Dasar_Dasar_Komunikasi_Zuwirna. Buku, 5.
Copyright (c) 2024 Ahmad Yusuf Qordhowi, Haryadi Mujianto, Firmansyah Firmansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.