PENGARUH CITRA PARTAI DAN KAMPANYE TERHADAP NIAT UNTUK MEMILIH CALON LEGISLATIF DI KOTA METRO

  • Megasari Megasari Universitas Mitra Indonesia
Keywords: Citra partai, kampanye, niat memilih calon legislatif.

Abstract

 

Salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam proses politik adalah pemilihan umum (pemilu). Sistem pemilihan umum merupakan salah satu instrumen kelembagaan penting di dalam negara demokrasi. Partai politik merupakan bagian dari sistem demokrasi dan partai politik memegang peranan penting dalam terwujudnya kehidupan demokrasi. Partai politik juga memiliki tanggung jawab untuk memajukan kesejahteraan rakyat dengan mengadvokasi kepentingan mereka dan menjadikannya sebagai kebijakan publik. Dalam perkembangannya partai politik dipandang sebagai media yang cukup representative dalam menentukan kebijakan publik. Semakin populer suatu partai maka makin meningkatkan elektabilitasnya menjelang pemilihan umum dengan tujuan memenuhi kriteria keterpilihan dan popularitas yang tinggi. Salah satu upaya untuk meningkatkan elektabilitas adalah melakukan kampanye. Penelitian menggunakan data primer berupa kuesioner kepada 150 responden. Hasil penelitian yang diperoleh dianalisis dengan alat statistik menggunakan program SPSS, memperlihatkan citra partai dan kampanye berpengaruh positif terhadap niat untuk memilih calon legislatif.

References

Ajzen, I. & Fishbein, M. (1980). Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Ajzen, I. (2001). Nature and operation of attitudes. Annual Review of Psychology, 52(1), 27–58.
Amstrong dan Kotler, (1999). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Eduisi Delapan, Jakarta: Penerbit Erlangga.
Bennett, A. M., Malone, C., Cheatham, K., & Saligram, N. (2019). The impact of perceptions of politician brand warmth and competence on voting intentions. Journal of Product and Brand Management, 28(2), 256–273. https://doi.org/10.1108/JPBM-09-2017-1562
Cangara, Hafied. (2009). Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers.
Cwalina, W., Falkowski, A., & Newman, B. I. (2015). Political marketing: Theoretical and strategic foundations. Routledge.
Denton Jr, R. E., Trent, J. S., & Friedenberg, R. V. (2019). Political campaign communication: Principles and practices. Rowman \& Littlefield.
Dollah, B. (2016). Kecenderungan Calon Anggota Legeslatif Memanfaatkan Media Surat Kabar Dalam Kampanye Pemilu 2014. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 5(3), 163–173.
Douglas, A. C., Mills, J. E., & Phelan, K. V. (2010). Smooth sailing?: Passengers’ assessment of cruise brand equity. Journal of Travel \& Tourism Marketing, 27(7), 649–675.
Ghozali, Imam, (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Iversen, N. M., & Hem, L. E. (2008). Provenance associations as core values of place umbrella brands: A framework of characteristics. European Journal of Marketing, 42(5–6), 603–626. https://doi.org/10.1108/03090560810862534.
Jogiyanto, (2008), Sistem Informasi Keperilakuan, Edisi Revisi, CV Andi, Yogyakarta.
Jogiyanto. (2013), Analisis & Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktik Aplikasi Bisnis, Andi Offset, Yogyakarta.
Needham, C., (2006). Brands and political loyalty. Journal of Brand Management, 13(3), 178–187.
Nimmo, Dan, (2010). Komunikasi Politik: Khalayak dan Efek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurdin, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung.
Putra, Dedi Kurnia Syah, (2015). Komunikasi CSR Politik. Jakarta: Prenadamedia Group.
Rice, R.E & Paisley, W. J. (1981). Public Communication Campaign. London:Sage. Publications
Rogers, E. M., & Storey J. D. (1987). Communication Campaign. New Burry. Park;sage
Soemirat, Soleh dan Elvino Ardianto. (2017). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Surbakti, Ramlan, (1992). Memahami Ilmu Politik, Jakarta: Gramedia.
Towner, T. L., & Muñoz, C. L. (2018). Picture perfect? The role of Instagram in issue agenda setting during the 2016 presidential primary campaign. Social Science Computer Review, 36(4), 484–499.
Van Steenburg, E., & Guzmán, F. (2019). The influence of political candidate brands during the 2012 and 2016 US presidential elections. European Journal of Marketing, 53(12), 2629–2656. https://doi.org/10.1108/EJM-06-2018-0399.
Published
2024-11-07
Abstract viewed = 9 times
pdf downloaded = 5 times