PENGARUH EKUITAS MEREK DAN NILAI NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK RIAU KEPRI SYARIAH DENGAN ISLAMIC FINANCIAL LITERACY SEBAGAI MODERASI
Abstract
Perbankan Syariah di Indonesia kian menunjukkan geliatnya, tak terkecuali di propinsi Riau. Tahun 2023 telah dilalui sebagai tahun pertama secara utuh perubahan operasional kegiatan usaha Bank Riau Kepri menjadi Bank Umum Syariah (BUS), setelah penetapan tanggal 22 Agustus 2022 sebagai hari Go Live operasional dan kegiatan bisnis menjadi Bank Riau Kepri Syariah secara serentak (Big Bang) di seluruh jaringan kantor Bank Riau Kepri Syariah. Pasca resmi beralih kegiatan usaha, Bank Riau Kepri Syariah menjadi salah satu Bank terbesar dalam peer group Bank Umum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ekuitas merek dan nilai nasabah terhadap loyalitas nasabah. pengaruh ekuitas merekĀ dan nilai nasabah terhadap loyalitas nasabah di moderasi Islamic Financial Literacy. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah bank riau kepri syariah sebanyak 129.898 orang. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 347 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Struktural Equation Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Artinya setiap peningkatan dan perbaikan terhadap ekuitas merek, maka akan meningkatkan loyalitas nasabah. Nilai nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Artinya semakin tinggi nilai yang dirasakan oleh nasabah dari suatu produk atau layanan, semakin tinggi pula tingkat loyalitas mereka. Ekuitas merek berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di moderasi islamic literacy fianancial. Artinya, semakin baik islamic literacy financial, maka akan meningkatkan ekuitas merek serta meningkatkan loyalitas nasabah. Nilai nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di moderasi islamic literacy fianancial.
References
Daryanto, and Setyabudi. 2014. Konsumen Dan Layanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.
Ferdinand, Augusty. 2013. Structural Equation Modelling Dalam Penelitian. Manajemen. Semarang: Universitas Dipenogoro.
Kotler, Philip, and Gary Amstrong. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Ed 13. edited by Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Mamang, Etta Sangadji, and Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.
Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Perdana Media Grup.
Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Setiadi, Nugroho J. 2018. Perilaku Konsumen (Edisi Revisi). Jakarta: Kencama Perdana Media Grup.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran, Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.
Syofian, Siregar. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual Dan SPSS. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran Cetakan Kelima. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy, and Candra Gregious. 2012. Service Quality & Satisfaction, Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.
Copyright (c) 2025 Adriansyah Adriansyah, Zulkarnain Zulkarnain, Gatot Wijayanto, Mashur Fadli, Suri Amilia, Wahyu Busro, Victor Ringhard Pattipeilohy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.