Potensi Pasar Modern Syariah dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat Kota Pekanbaru

  • Muhammad Arif Universitas Islam Riau
  • Marina Zulfa Universitas Islam Riau
  • Astri Ayu Purwati STIE Pelita Indonesia

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sangat berpengaruh bagi kehidupan sehari-hari masyarakat baik dari segi perekonomian, sosial maupun gaya hidup. Pasar modern syariah hadir adalah salah satunya untuk menjawab dari perubahan gaya hidup masyarakat di perkotaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui potensi pasar modern syariah dan mengetahui strategi yang paling tepat pasar modern syariah dalam mengembangkan ekonomi masyarakat Pekanbaru. Data didapatkan dengan menyebarkan kuisioner kepada 384 orang responden. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT dilanjutkan dengan membuat matriks IFAS dan EFAS. Analisis strategi prioritas menggunakan Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM). Dari hasil analisis SWOT diketahui bahwa kekuatan lebih dominan daripada kelemahan dan peluang lebih dominan daripada ancaman. Dari hasil matriks IFAS diketahui bahwa terdapat nilai total yang lebih besar pengaruhnya dibandingkan dengan nilai matriks EFAS. Berdasarkan matriks IFAS dan EFAS dapat dikatakan bahwa Potensi Pasar Modern Syariah dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat Kota Pekanbaru masih berkembang dengan“baik” dan memerlukan inovasi yang kreatif. rdasarkan analisis QSPM, strategi prioritas pertama yang harus dilakukan adalah Meningkatkan kinerja system manajemen pasar modern Syariah, laporan keuangan terbuka dan pembinaan sumberdaya manusia. Strategi prioritas kedua adalah Melakukan terobosan baru dalam penjualan dengan membuat aplikasi online untuk pasar Syariah modern.

Kata Kunci : Pasar Modern Syariah, SWOT, IFAS dan EFAS, QSPM.

References

Ardhiansyah, D. (2014). Analisis Potensi Pajak Hotel dan Pajak Restoran dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Batu. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 4(1)

Jun, C. (2014). Perubahan Gaya Hidup Anak Muda di Surakarta Akibat Berkembangnya Mall. Tesis program Studi Kajian Budaya Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Mukhtari, A. (2018). Analisis kesesuaian produk dan pelayanan hotel berbasis syariah di Riez Palace Hotel Tegal(Doctoral dissertation, UIN Walisongo Semarang).

Rusby, Z & Muhammad, A. (2020). Development of Sharia Tourism in Riau Province Indonesia. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 8 (5).

Rusby, Z. (2014). Pemikiran Ekonomi Dalam Islam. Pekanbaru : Pusat Kajian Pendidikan Islam FAI UIR.

Safitri, Y. (2018). Pengaruh jual beli online terhadap omzet jual beli offline di desa Kelayu Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Mataram).

Wangko, M., C. (2013). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Panther Pada PT Astra Internasional–Izuzu Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Zaibah, A. (2015). Analisis SWOT Dalam Pengelolaan Tempat Wisata di Kabupaten Rokan Hulu, Fakultas Sosial Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru.
Published
2020-09-18
How to Cite
Arif, M., Zulfa, M., & Purwati, A. (2020). Potensi Pasar Modern Syariah dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat Kota Pekanbaru. COSTING : Journal of Economic, Business and Accounting, 4(1), 182-195. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/costing.v4i1.1549
Abstract viewed = 31 times
PDF downloaded = 22 times