Pengaruh Presepsi, Preferensi Dan Manfaat Terhadap Kepercayaan Mahasiswa UIN Satu Dalam Menggunakan Aplikasi Satupay Sebagai Media Pembayaran UKT Mahasiswa

  • Reza Putra Hadinata Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Deny Yudiantoro Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Abstract

Dalam menempuh pendidikan khususnya dibangku kuliah tentu tidak lepas dari yang namanya UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang menjadi salah satu syarat untuk bisa mengikuti perkuliahan. Dalam perkembangannya, sistem transaksi pembayaran UKT mengalami perubahan dari waktu kewaktu. Tujuan penelitian ini:  (1) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh presepsi, preferensi, dan manfaat secara bersama-sama (simultan) terhadap kepercayaan mahasiswa UIN SATU (2) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh presepsi secara individu (parsial) terhadap kepercayaan mahasiswa UIN SATU (3) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh preferensi secara individu (parsial) terhadap kepercayaan mahasiswa UIN SATU. (4) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh manfaat secara individu (parsial) terhadap kepercayaan mahasiswa UIN SATU. (5) Untuk menguji dan menganalisis variabel presepsi, preferensi, dan manfaat yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepercayaan mahasiswa UIN SATU. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif yaitu analisis terhadap data yang telah diberi skor sesuai dengan skala pengukuran yang telah ditetapkan dengan menggunakan formula-formula statistik. Analisis yang digunakan terhadap data yang berwujud angka-angka. Sedangkan instrument penelitian data menggunakan: (1) uji validitas, (2) uji reliabilitas, dan (3) uji asumsi klasik regresi yang meliputi: (a) normalitas, (b) Multikolinearitas, (c) Heterokedastisitas, (d) Persamaan uji glejser, dan (e) Linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengaruh persepsi, preferensi, dan manfaat secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepercayaan Mahasiswa UIN SATU. (2) Pengaruh persepsi mahasiswa UIN SATU secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepercayaan Mahasiswa UIN SATU. (3) Pengaruh preferensi mahasiswa UIN SATU secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepercayaan Mahasiswa UIN SATU. (4) Pengaruh manfaat mahasiswa UIN SATU secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepercayaan Mahasiswa UIN SATU. (5) Variabel manfaat memiliki pengaruh paling dominan terhadap Kepercayaan Mahasiswa UIN SATU.

Kata Kunci: Persepsi, Preferensi, Manfaat, Kepercayaan, Aplikasi SatuPay.

References

Arif, Nur Rianto Al. (2010). Teori Mikroekonomi. Jakarta: Kencana.
Duffy, K. G., & Wong, F. Y. Community Psychology (2nd ed.). (2000). Boston: Pearson Education.
Ismail. (2011). Perbankan Syari’ah. Jakarta: Prenada Media Group.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prehalindo Cet Ke -100.
Lewicki, R.J., & Wiethoff, C. (2000). Trust, Trust Development, and Trust Repair. In M. Deutsch & P.T. Coleman (Eds.) Handbook of research conflict resolution: Theory and practice. San Francisco, CA: Jossey-Bass.
Mappiare, Andi. (1994). Psikologi Orang Dewasa Bagi Penyesuaian Dan Pendidikan. Surabaya: Usana Offset Printing.
Mauludi, Ali. (2016). Teknik Belajar Stastitika 2. Jakarta Timur: Alim’s Publishing.
Mayer, R. C., Davis, J. H. & Schoorman, F. D. An Integrative Model of Organizational Trust. (1995). The Academy of Management Review.
Mulyana, Deddy. (2007). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
R. Shaleh, M. Wahab. (2004). Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media.
Setiadi, Nugroho J. (2013). Prilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian, Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Solomon, Robert C. And Flores, Fernando. (2003). Building Trust: In Business, Politics, Relationships, and Life. New York: Oxford University Press.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Suharso, Puguh. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif untuk Bisnis: Pendekatan Filosofi dan Praktis. Jakarta: PT Indeks.
Syawalia, Mar’atus. (2015). Preferensi Pedagang Pasar Tradisional Terhadap Sumber Modal, (Jurnal Ilmiah).
Triningsih, Anisa. (2006). Pemanfaatan Internet Sebagai Pengembangan. Yogjakarta: Sumber Belajar.
Walgio, Bimo. (2005). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.
Widyastuti, Yeni. (2013). Psikologi Sosial. Serang: Graha Ilmu.
Published
2023-03-05
Abstract viewed = 140 times
pdf downloaded = 114 times