Evaluasi Program Pengadaan Armada Angkutan Sampah Tahun 2021 (Studi Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo)

  • Muh.Sudarmono Rahim Universitas Muhammadiyah palopo
  • Altri Wahida Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Hapid Hapid Universitas Muhammadiyah Palopo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik program pembelian armada sampah tahun 2021 berjalan (Studi pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo). Metode deskriptif digunakan untuk jenis penelitian kualitatif ini. Pengamatan, percakapan, dan catatan tertulis digunakan untuk mendapatkan informasi. Pengetahuan ini didapat dari kajian literatur, observasi, dan wawancara dengan orang-orang yang bekerja di Badan Lingkungan Hidup. Kota Palopo membutuhkan program pengelolaan sampah agar masalah cara penanganan sampah dapat teratasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa kebijakan dalam program pengembangan kinerja pengelolaan sampah untuk komunikasi yang dibangun oleh dinas terkait, khususnya pelaksana program di Dinas Kebersihan, belum berjalan dengan baik. Selain itu, program tersebut tidak memiliki sumber daya yang cukup, terutama orang, yang membuatnya lebih sulit untuk mencapai tujuannya. Masalahnya, bangunan dan infrastruktur tidak sesuai dengan program yang sedang dimulai. Tentang seberapa banyak pelaksana program khususnya Dinas Kebersihan Kota Palopo mau dan mampu bekerja sama agar program dapat terlaksana dengan baik. Untuk pengelolaan limbah.

Kata kunci : Program, Armada Angkutan Sampah

References

Ardianto dan Soemirat. 2004. Dasar-Dasar Public Relations;. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Azwar, A, 2015, Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan, Jakarta, Yayasan Mutiara.
Darmasetiawan,martin. 2004, Sarana sanitasi Perkotaan. Ekamitra Engineering. Jakarta
Darmawati, D. (2019). Kebijakan Pengelolaan Persampahan Kota Palopo (Studi Badan Lingkungan Hidup). Journal I La Galigo: Public Administration Journal, 2(2), 53-60.
Gobai, K. R. M., Surya, B., & Syafri, S. (2021). Kinerja Pengelolaan Sampah Perkotaa: Studi Kasus Kota Nabire Kabupaten Nabire Provinsi Papua. Urban and Regional Studies Journal, 2(2), 37-45
Hanggara, S., & Budi Heri Pirngadie, D. P. (2013). EVALUASI PENGANGKUTAN SAMPAH DARI TPS KE TPA DI KECAMATAN SUKMAJAYA KOTA DEPOK (Doctoral dissertation, Fakultas Teknik Unpas).
Hapsari, N. (T.T.). Evaluasi Program Pengolahan Sampah Berskala Keluarga Di Kelurahan Tembalang. 3(1), 12.
Kodoatie, Robert J., 2003, Manajemen dan Rekayasa Infrastruktur, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Lexy J. Moleong. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revi, P. 410).
Ramadan, B. S., Safitri, R. P., Cahyo, M. R. D., & Wibowo, Y. G. (2019). Optimasi sistem pengangkutan sampah kecamatan jati, kabupaten kudus, jawa tengah. J. Presipitasi Media Komun. Dan Pengemb. Tek. Lingkung, 16(1), 8.
Supit, O. T. (2015). Evaluasi Teknis Pengangkutan Sampah Di Kota Bitung. Program Magister Teknik Sanitasi Lingkungan, Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.
Suryani, Anih Sri, 2014, Peran Bank Sampah dalam Evektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang), Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi DPR RI
Suyasa, W. B. (2020). Evaluasi dan perencanaan pengelolaan sampah perkotaan.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah.
Zebua, M. P. T. (2022). Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Pengangkutan Sampah Di Wilayah Zona 1 Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Published
2023-09-03
Abstract viewed = 44 times
pdf downloaded = 21 times