Pengaruh PPN, PPNBM, PKB Serta Pendapatan Terhadap Minat Beli Kendaraan Listrik Di Indonsia
Abstract
Minat beli timbul ketika melakukan pembelian menciptakan suatu motivasi yang terus terekam dalam benaknya dan menjadi suatu kegiatan yang sangat kuat yang pada akhirnya ketika seorang konsumen harus memenuhi kebutuhannya akan mengaktualisasikan apa yang ada di dalam benaknya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mencari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat beli masyarakat terhadap mobil listrik. Alasan peneliti melakukan penelitian ini yaitu daya beli kendaraan bermotor konvensional di Indoesia akan terus meningkat setiap tahunnya, hal ini akan terus mingkat setiap tahunnya. Maka dari itu adapun upaya pemerintah dalam menangani masalah ini yaitu memberlakukan intensif pajak kendaraan bermotor listrik berbasis baterai serperti Intensif PPn, PPnBM serta bebas pengenaan PKB. Selain penanganan masalah pemanasan global, pemerintah turut mendukung perkembangan otomotif produk dalam negeri. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Metode analisis yang digunakan yaitu ststistik deskriptif, kualitas data, dan uji hipotesis. Penelitian ini dilakukan di Indonesia dengan julah sampel sembanyak 100 orang dari bebagai daerah di Indonesia. Perhitungan sampel menggunakan rumus slovin. Alat uji yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS 26. Temuan pada peneliatian minat beli mobil listrik di Indonesia di pengaruhi secara signifikan dan positif oleh PPn, PPnBM, PKB serta pendapatan.
References
Anggreani, D., & Mudiarti, H. (2022). Pengaruh Regulasi PPn dan PPnBM Serta Pendapatan Terhadap Minat Beli Kendaraan Bermotor Roda Empat (Mobil) Di Indonesia. Jurnal Akuntrasi Integratif, 8(1), 63–75.
Burhan, I., Ilham, & Saputra, M. A. S. (2022). Analisis Pengaruh Kebijakan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Terhadap Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor Roda Empat Di Bosowa Berlian Motor Cabang Parepare. 6(September). file:///C:/Users/USER/Downloads/5002-Article Text-18289-2-10-20221003 (2).pdf
Faizah, S., & Ajimat, A. (2022). Pengaruh Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Kendaraan Bermotor Tarif Progresif terhadap Daya Beli Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 19(02), 15–24. https://doi.org/10.36406/jam.v19i02.653
Indriyasari, W. V., & Maryono, M. (2022). Pengaruh Pendapatan Masyarakat,Tingkat Pendidikan, dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Di Desa Gebugan, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Owner, 6(1), 860–871. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.668
Maspupah, A., Yanti, & Lukita, C. (2022). Pengaruh Pemungutan Pajak Hotel, Pajak Restoran,dan Pajak Hiburan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Karawang (Periode 2016-2020)Maspupah, Ayu, and Carolyn Lukita. 2022. “Pengaruh Pemungutan Pajak Hotel, Pajak Restoran,Dan Pajak Hiburan Terhadap Pe. Jurnal Mahasiswa Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 153–170.
Resmi, S. (2015). Perpajakan Teori dan Kasus (A. Sustiwi (ed.); 8th ed.). Salemba Empat.
Samsuar. (2019). Atribusi. Network Media, 2(1), 65–69.
Santoso, A. T., & Ratnawati, J. (2023). Analisis Pengaruh PPn, PPnBM, dan PKB dengan Tarif Progresif Terhadap Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor Roda Empat Di Makassar. Akuntansi Dewantara, 7(1), 86–101. https://doi.org/10.52103/jaf.v1i1.119
Saputra, F., Khaira, N., & Saputra, R. (2023). Pengaruh User Interface dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Literature). Jurnal Komunikasi Dan Ilmu Sosial, 1(1), 18–25. https://doi.org/10.38035/jkis.v1i1.115
Waroi, M., Simanjuntak, A., & Andriati, H. N. (2019). Pengaruh Pajak Kendaraan Bermotor Tarif Progresif Dan Pendapatan Wajib Pajak Terhadap Daya Beli Kendaraan Bermotor Roda Empat ( Studi Empiris Di Kantor SAMSAT Kota Jayapura). Jurnal Akuntansi & Keuangan Daerah, 14, 124–139.
Copyright (c) 2024 Fittriyyah Azhar, Carolyn Lukita, Fista Apriani Sujaya
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.