Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Dosen Pembimbing Magang Dengan Menggunakan Metode Ahp Rating Mode

  • Bayu Laksono Wahyu Arminsyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kamal Prihandani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ultach Enri Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Pada saat ini penentuan dosen pembimbing magang di FASILKOM UNSIKA masih dilaksanakan secara manual, tentu saja hal ini kurang efisien dan efektif serta mempunyai kemungkinan human error. Penentuan dosen pembimbing magang juga tidak mudah karena harus mempertimbangkan juga antara tema/topik magang mahasiswa dengan kemampuan dosen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan metode AHP rating mode untuk membantu menentukan dosen pembimbing magang. Metode penelitian yang digunakan adalah model waterfall dari SDLC, yang terdiri dari analisis kebutuhan, desain, pengkodean, pengujian dan pemeliharaan. Sistem pendukung keputusan akan dirancang berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan dengan DBMS MySQL. Berdasarkan hasil dari pengujian terhadap sistem oleh tim magang FASILKOM UNSIKA dapat disimpulkan bahwa sistem pendukung keputusan ini dibutuhkan dan membantu dalam menentukan dosen pembimbing magang di FASILKOM UNSIKA.

References

Afriansyah, A., Annisa, R., & Mair, Z. R. (2019). Sistem Pakar Deteksi Kerusakan (Troubleshooting) Pada Smartphone Berbasis Mobile. Jurnal TIPS : Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Sekayu, 17-25.
Anggraini, I. (2019). PERANCANGAN WEBSITE PENERIMAAN SISWA BARU DENGAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL. Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya, 56-62.
Bahurmoz, & Asma, M. (2006). The Analytic Hierarchy Process: A Methodology for Win-Win Management. Economics and Administration, 3-16.
Prastyanto, I. A. (2017). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN DOSEN PEMBIMBING PKL PRODI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE DICHOTOMIZER THREE (ID3). Simki-Techsain.
Saaty, T. L. (2008). Decision making with the analytic hierarchy process. Int. J. Services Sciences, 83-98.
Silva, A. C., Belderrain, M. C., & Pantoja, F. C. (2010). Prioritization of R&D projects in the aerospace sector: AHP method with ratings. Journal of Aerospace Technology and Management, 339-348.
Simanjorang, R. M., Hutahaean, H. D., & Sihotang, H. T. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bahan Pangan Bersubsidi Untuk Keluarga Miskin Dengan Metode AHP Pada Kantor Kelurahan Mangga. Journal Of Informatic Pelita Nusantara.
Simatupang, J., & Sianturi, S. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus Pada Po. Handoyo Berbasis Online. Jurnal Intra-Tech.
Widaningsih, S. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Dosen Pembimbing Kerja Praktek Dengan Metode Analytical Hierarchy Process Model Rating. Media Jurnal Informatika, 6-17.
Published
2021-12-28
How to Cite
Wahyu Arminsyah, B., Prihandani, K., & Enri, U. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Dosen Pembimbing Magang Dengan Menggunakan Metode Ahp Rating Mode. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 4(2), 302 - 311. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v4i2.2661
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times