Optimalisasi Pembelajaran Teknik Olah Vokal Drama melalui Aplikasi Canva: E-Modul Interaktif untuk Mahasiswa Pendidikan Sendratasik

  • Marrisa Aulia Mayangsari Universitas Palangka Raya

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah menciptakan banyak peluang baru dalam meningkatkan kualitas Pendidikan khususnya bidang seni. Penelitian ini mengangkat isu pemanfaatan teknologi informasi sebagai media pembelajaran dengan fokus pada pembuatan e-modul teknik olah vokal drama untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Sendratasik UPR. Materi olah vokal drama yang banyak serta membutuhkan proses latihan diluar jam perkuliahan mendorong penulis untuk menciptakan sebuah E-Modul pembelajaran teknik olah vokal drama.  Hal ini dilakukan agar mahasiswa dapat mempelajari materi secara mandiri serta dapat memberikan hasil belajar mahasiswa yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana potensi efektivitas penggunaan platform aplikasi Canva sebagai media pembelajaran berupa e-modul dalam mata kuliah teknik olah vokal drama. Metode penelitian ini melibatkan tahap desain E-Modul, implementasi pada mahasiswa prodi Sendratasik UPR Angkatan 2023 serta evaluasi penggunaan E-Modul oleh Mahasiswa serta Dosen Ahli. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan E-Modul berbasis Canva dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Hal ini karena mahasiswa dapat melakukan latihan olah vokal secara mandiri diluar jam perkuliahan, yang kemudian berimbas pada peningkatan kemampuan olah vokal mahasiswa. Keberhasilan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan kurikulum dan strategi pengajaran, sekaligus menciptakan model pembelajaran yang lebih relevan dengan kebutuhan mahasiswa Pendidikan Sendratasik saat ini.

 

Keyword: E-Modul Interaktif, Teknik Olah Vokal Drama

References

Amin, F. (2022). Teknik Vokal Teater Di Sanggar Seni Teater Rumah Kreatif Suku Seni Riau Di Kota Pekanbaru Provinsi Riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Aminullah, I. (2019). Penerapan Metode Latihan Teater Teknik Olah Vokal dan Olah Sukma untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas X MIPA-4 SMAN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. JURNALISTRENDI: JURNAL LINGUISTIK, SASTRA, DAN PENDIDIKAN, 4(1), 279-289.

Ende, A. M. N., Jasril, I. R., & Jaya, P. (2022). Perancangan dan Pembuatan E-Modul Interaktif Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 8(2), 193-199.

Maulia, S. (2023, January). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi (Vol. 1, No. 1, pp. 83-87).

Mawardi, N., & Sodiq, S. (2022). Pemanfaatan aplikasi Canva pada pembelajaran menyusun teks iklan kelas XII DKV 2 SMKN 13 Surabaya. Bapala, 9(8), 198-207.

Maydiantoro, A. (2021). Model-model penelitian pengembangan (research and development). Jurnal pengembangan profesi pendidik indonesia (JPPPI).

Okpatrioka, O. (2023). Research and development (R&D) penelitian yang inovatif dalam pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86-100.

Rahayu, N. P. E., & Sujana, I. M. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Pembuatan Poster Pada Pembelajaran Seni Budaya Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII. H SMP Negeri 8 Denpasar Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 92-96.

Taufan, A., Astutik, S., Mujib, M. A., Nurdin, E. A., & Apriyanto, B. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 11(2), 133-143.

Widowati, R. A. D. (2023). Implementasi Canva dalam Digitalisasi Mata Pelajaran Seni Budaya Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil belajar Siswa. Indonesian Journal of Action Research, 2(1), 135-142.

Wilyanti, L. S. (2020). Pengembangan bahan Ajar Video Tutorial Materi Olah Vokal pada Mata Kuliah Drama. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(1).
Published
2024-09-11
Abstract viewed = 4 times
PDF downloaded = 5 times