Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Perubahan Energi
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran. Salah satunya ditandai dengan sikap siswa yang tidak aktif dalam bertanya, berdiskusi, dan rendahnya motivasi atau antusias siswa terhadap pembelajaran. Temuan di lapangan menunjukkan penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif dalam pembelajaran menjadi salah satu penyebab rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran terutama dalam pembelajaran IPA. Banyak ditemukan siswa yang kurang berpartisipasi aktif sehingga cukup sulit untuk memahami dan menguasai materi yang dipelajari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yakni siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri yang terakreditasi A di Kecamatan Rancaekek. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yakni siswa SDN Bojong Salam 01 tahun ajaran 2023-2024 kelas IV A sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni pretest-posttest. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa menggunakan model team games tournament dengan pemahaman konsep siswa menggunakan model ceramah. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran team games tournament berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep siswa kelas IV pada materi perubahan energi.
Kata Kunci: Team Games Tournament, Pemahaman Konsep, Siswa Sekolah Dasar
References
Aeni, A. N., Maulana, M., Akbar, K. A., & Hafidz, A. N. (2023). Penggunaan Aplikasi CERAH DENTAL (Cerdas Beribadah dengan Digital) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 7(1), hal: 222–236. https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.
Amalia, G. Ri., & Hardini, A. T. A. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbasis Daring terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6.
Apriliana R, B. (2022). Pengaruh Model Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ular Tangga untuk Pemahaman Konsep Siswa pada Pelajaran IPA Kelas 4 SD Negeri Bakalrejo 01. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran.
Arifin, F., Fadilah, Z., & Widiyanto, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Al-Dzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), hal: 98–105.
Fadila, P. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan .
Hendawati, Y., & Kurniati, C. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Kelas V Pada Materi Gaya Dan Pemanfaatannya. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1).
Niri, N. R. B., Makaborang, Y., & Ina, A. T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu Di SMP Negeri 1 Waibakul. Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Teknologi, 2(2), hal: 239–243.
Nurhayati, Egok, A. S., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu , 6(5).
Nurwulan, D. A., Ardianti, S. D., & Fajrie, N. (2023). Pengaruh Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Ethno-Puzzle Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2).
Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD . Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas , 3(1).
Sari, N. F., Bachri, A., & Rauf, I. (2024). Peningkatan Kolaborasi Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada Materi Tata Surya Kelas VII SMP Negeri 23 Makassar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2).
Ulfia, T., & Irwandi. (2019). Model Pembelajaran Cooperative Tipe Team Games Tournament (TGT): Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep . Indonesian Journal of Science and Mathematics Education.
Widayanti, E. R. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Team Games Tournament Berbantuan Permainan Dadu Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.
Copyright (c) 2024 Vina Nova Permata, Ali Ismail, Ani Nur Aeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.