Implementasi Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Administrasi Guru SMP Negeri 2 Sajoanging Kec. Sajoanging Kab. Wajo

  • Baso Bambang Juni Edi Universitas Puangrimaggalatung Sengkang
  • Sutrisman Basir Universitas Puangrimaggalatung Sengkang
  • Sumarn Sumarn Universitas Puangrimaggalatung Sengkang
  • Esti Arni Universitas Puangrimaggalatung Sengkan
  • Erna Sulastri P Universitas Puangrimaggalatung Sengkan
  • Baso Muhammad Reski Universitas Puangrimaggalatung Sengkang
  • Muhammad Arafah Universitas Puangrimaggalatung Sengkang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan  mendeskripsikan implementasi komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam meningkatkan administrasi guru di SMP Negeri 2 Sajoanging Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kepemimpinan Ibu SD selaku kepala sekolah di SMP Negeri 2 Sajoanging menunjukkan implementasi yang efektif dari indikator-indikator komunikasi interpersonal termasuk 1)  Keterbukaan, Ibu Kepala Sekolah  menciptakan lingkungan yang nyaman bagi guru untuk berbagi ide, solusi, dan masalah, termasuk masalah administrasi. Ini menunjukkan keterbukaan yang memungkinkan guru berpendapat secara jujur dan terbuka. 2) Empati, Ibu Kepala Sekolah menunjukkan empati tinggi terhadap kebutuhan dan perasaan guru dengan mendengarkan dan peduli terhadap masalah mereka, termasuk administrasi guru. 3) Dukungan, Ibu Kepala Sekolah memberikan dukungan kepada guru, memperhatikan perkembangan dan kelengkapan administrasi mereka. Dukungan ini memotivasi guru dan meningkatkan efektivitas pekerjaan mereka. 4) Rasa Positif, Ibu Kepala Sekolah membangun hubungan baik melalui komunikasi positif, yang meningkatkan kepercayaan, kolaborasi, dan motivasi, sehingga meningkatkan efektivitas administrasi guru dan 5) Kesetaraan, Ibu Kepala Sekolah menunjukkan kesetaraan dengan bersikap adil dan tidak membeda-bedakan guru, yang membuat mereka merasa dihargai dan dapat meningkatkan efektivitas administrasi guru. Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa secara keseluruhan, kepemimpinan Ibu SD selaku kepala sekolah di SMP Negeri 2 Sajoanging menunjukkan implementasi yang efektif dari indikator-indikator komunikasi interpersonal, termasuk keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, dan kesetaraan dalam meningkatkan administrasi guru di SMP Negeri 2 Sajoanging.

 

Kata kunci: Implementasi, Administrasi Guru, Kepala Sekolah, Komunikasi Interpersonal.

References

Abubakar, R. (2021). *Pengantar Metodologi Penelitian*. Yogyakarta: SUKA-Press.

Ahmad Farhan, D. (2021). *Pemahaman Hadis Dan Implikasinya Dalam Praktek Keagamaan Jamaah Tabligh Di Kota Bengkulu (Kajian Living Hadis)*. Samudra Biru.

Basir, S., & Basir, M. (2020). The Influence of Interpersonal Communication and Work Culture on Teacher Performance in Junior High School at Wajo Regency. *Revista Espacios*, 41(06).

Cahyadi, N. (2018). *Peranan Administrasi Bagi Kinerja Guru*. Diakses pada 2023-12-27 dari https://disdik.purwakartakab.go.id/peranan-administrasi-bagi-kinerja-guru

Mintari, M., Fadlilah, F., & Bawaihi, B. (2020). Gaya Komunikasi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Yayasan Nururrodhiyah Kota Jambi. *JMiE (Journal of Management in Education)*, 5(2), 37–42.

Rukin. (2021). *Metodologi Penelitian Kualitatif*. CV. Jakad Media Publising.

Siregar, S. O. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMAN 14 Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Sugiyono. (2018). *Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D*. Alfabeta.

Sunardi, S. P. (2019). Implementasi Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Jejangkit Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. *Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS)*, 11(1), 83–94.
Published
2024-12-26
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times