Pengembangan Instrumen Tes Membaca Bermuatan AKM bagi Siswa Sekolah Dasar

  • M. Syahrun Effendi Universitas PGRI Silampari
  • Sri Murti Universitas PGRI Silampari
  • Vella Sabrila Aisah Universitas PGRI Silampari
  • Riski Yongki Hidayat Universitas PGRI Silampari

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengembangan instrumen tes membaca bermuatan AKM bagi Siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 2 Lubukngin yang berada di Desa Lubukngin Kecamatan Selangit Kabupaten Musirawas. Penelitian ini menggunakan model pengembangan R&D (research and development)dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi, dan tes. Tahap analisis berupa analisis karakteristik kebutuhan pengembangan; tahap desain berupa merumuskan tujuan instrumen tes membaca, menulis kisi-kisi berdasarkan aspek kognitif literasi yang telah ditentukan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, merancang petunjuk pengerjaan soal dan menentukan jenis dan bentuk soal instrumen asesmen berbasis dengan bentuk soal sebanyak 25 butir soal. Tahap pengembangan berupa validasi dari dua validator yaitu didapati skor Validator I menggunakan Aikens’V sebesar 0,66 sedangkan validator II didapati hasil skor sebesar 0,716. Dua hasil tersebut menunjukkan bahwa skor yang didapat berada pada kategori “Cukup Valid”. Tahap implementasi merupakan tahapan keempat dalam proses pengembangan dengan hasil persentase angket respon siswa terhadap instrumen tes membaca bermuatan AKM dengan persentase sebesar 78,79% berada dikategori praktis. Berdasarkan hasil evaluasi maka dapat disimpulkan instrumen tes membaca bermuatan AKM valid dan praktis. Sedangkan hasil uji coba produk secara nilai keseluruhan kemampuan membaca dengan menggunakan instrumen asesmen membaca berbasis literasi budaya adalah 44,75 yang berada dikategori kurang. Maka secara keseluruhan dapat disimpulkan instrumen tes membaca bermuatan AKM dapat mengukur kemampuan membaca secara efektif.

Kata Kunci: Pengembangan, Instrumen Tes, Membaca dan AKM

References

Abidin, Y. (2018). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Harras, Khalid. (2014). Hakikat dan peran Membaca. Universitas Terbuka.

Johanna. (2022). Strategi Guru Untuk Mengatasi Kesulitan membaca Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal:JIDeR, 2(3), hal: 126-134.

Kemdikbud. (2022). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jakarta: Kemdikbud.

Kemdikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Fase A - Fase F Untuk SD/MI/Program Paket A, SMP/MTs/Program Paket B, dan SMA/MA/SMK/MAK/Program Paket C. Jakarta: Kemdikbud.

Poerwanti, Endang. 2015. Konsep Dasar Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Rosdakarya.

Rohim. (2021). Konsep Asesmen kompetensi Minimum Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SD. Jurnal Varidika, 33(1), hal: 54-62.

Retnawati, H. (2016). Validitas, Reliabilitas, & Karakteristik Butir. Yogyakarta: Parama Publishing.

Setyosari, Punaji. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosydakarya.

Sudijono, Anas. (2011). Evaluasi Pedidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumarno. (2012). Penelitian Kausalitas Komparatif. Surabaya: elearningunesa

Tarigan, Henry Guntur. (1986). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Teresia, Wahyuni. (2021). Asesmen Nasional. Medan: Guepedia.

Widiastuti, Ni Putu Kusuma. (2022). Instrumen Penilaian Pembelajaran dan Penelitian. Bandung: Widina.

Widoyoko, S. Eko Putro. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Yusuf, A. Muri. (2015), Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian. Gabungan. Jakarta: Prenamedia Group.
Published
2025-02-13
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times