Uji Kelayakan Bahan Ajar Menulis Berbasis Pendekatan Produk Siswa Sekolah Dasar

  • Sri Murti Universitas PGRI Silampari
  • Nyayu Masnon AR Universitas PGRI Silampari
  • Ulpi Wahyuni Universitas PGRI Silampari
  • Vella Sabrila A Universitas PGRI Silampari

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat uji kelayakan bahan ajar menulis berbasis pendekatan produk siswa SD Negeri 2 Lubukngin. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 2 Lubukngin yang berada di Desa Lubukngin Kecamatan Selangit Kabupaten Musirawas. Penelitian ini menggunakan model pengembangan R&D (research and development) untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Indonesia materi Menulis. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis wawancara dan angket menggunakan rumus V Aikens. Adapun hasil analisis data yang diperoleh melalui uji kelayakan tiga ahli dibidangnya yaitu ahli bahasa, ahli desain dan ahli materi adalah sebagai berikut: 1). Dari hasil kelayakan bahasa diperoleh hasil sebesar 0,821 berada di kategori “Sangat Valid”; 2). Dari hasil kelayakan desain diperoleh hasil sebesar 0,8 berada dikategori “Sangat Valid”; dan 3). Dari hasil kelayakan materi diperoleh hasil sebesar 0,78 berada di kategori “Cukup Valid”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar menulis berbasis pendekatan produk siswa SD Negeri 2 Lubukngin layak untuk digunakan oleh siswa pada materi menulis.

Kata Kunci: Bahan Ajar, Menulis, Uji Kelayakan

References

Aziza, A. N., & Suyanto, S. (2018). Pengembangan Buku Saku Untuk Meningatkan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran PAI Materi Tata Cara Salat Kelas II SD. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(3), 216-222

Hernawan, A. H., Permasih., & Dewi, L. (2012). Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Direktorat UPI.

Kosasih, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar.Jakarta: Bumi Aksara.

Kristiyani, A. (2018). Menulis Faktual dalam Prespektif Multiliterasi. Yogyakarta:UNY Press.

Lazuardi, D. R., Hamzah, S., & Nugroho, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Permulaan pada Anak PAUD Himatul Ilmi Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 35–45. https://doi.org/10.33369/jip.7.1.35-45

Pribadi, B. A., & Putri, D. A. P. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Banten: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutama, I. M. (2016). Pembelajaran Menulis.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zainurrahman, S. S. (2011). Menulis: dari Teori Hingga Praktik.Bandung: Alfabeta.
Published
2024-01-30
Abstract viewed = 2 times
pdf downloaded = 1 times