Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA SDN 33 Rejang Lebong

  • Try Kusuma Universitas PGRI Silampari
  • Ahmad Gawdy Prananosa Universitas PGRI Silampari
  • Armi Yuneti
 Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas V. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen murni (true experimental design). Dari hasil penelitian ini, hasilnya dapat dilihat dari analisis data dengan menggunakan rumus t-tes, maka diperoleh nilai sebesar 3,20 , serta dari Hasil ini juga dapat dibandingkan dengan  pada taraf signifikan 5% yaitu: 3,20 > 2,03. Simpulan penelitian ini  adalah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas V.

 

Kata kunci: Kooperatif tipe stad, terhadap hasil belajar pada mata pelajan IPA

References

Adnyasari, I. G. A. D., & Wiarta, I. N. S. I. W. (2013). Pelngarulh Modell Pelmbellajaran Koopelratif Tipel STAD Delngan Melmanfaatkan Linkulngan Selbagai Sulmbelr Bellajar Telrhadap Hasil Bellajar IPA Siswa SD. MIMBAR PGSD Ulndiksha, 1(1).

Ariani, T., & Agulstini, D. (2018). Modell Pelmbellajaran Stuldelnt Telam Achielvelmelnt Division (STAD) dan Modell Pelmbellajaran Telams Gamels Toulrnamelnt (TGT): Dampak telrhadap Hasil Bellajar Fisika. SPElJ (Scielncel and Physic Eldulcation Joulrnal), 1(2), 65-77.

Arikulnto, Sulharsimi. 2013. Proseldulr pelnellitian. Jakarta : Rinelka Cipta.

Arsa sulka, Pultul, 2015. Bellajar dan Pelmbellajaran. Yogyakarta: Meldia Akadelmi.

Asmeldy, A. (2021). Pelngarulh Modell Pelmbellajaran Koopelratif Tipel STAD Telrhadap Hasil
Bellajar Siswa Selkolah Dasar. Ainara Joulrnal (Julrnal Pelnellitian Dan PKM Bidang Ilmul Pelndidikan), 2(2), 108-113.

Djamalulddin, A., Wardana. (2019). Bellajar dan Pelmbellajaran 4 Pilar Pelningkatan Kompeltelnsi Peldagogis. Jakarta: CV. Kaaffah Lelarning Celntelr.

Doyan, A. (2015). Pelngarulh modell pelmbellajaran koopelratif stad belrbasis Mullti meldia intelraktif telrhadap pelngulasaan konselp siswa Pada matelri telrmodinamika. Julrnal Pelnellitian Pelndidikan IPA, 1(1).

Elsminarto, El., Sulkowati, S., Sulryowati, N., Anam, K., (2016) Implelmelntasi modell STAD dalam melningkatkan hasil bellajar siswa. BRILIANT : Julrnal Riselt dan Konselptulal , 1(1), 16-23.

Hadi, A., Nasarulddin, N., dan Hulsniati, H. (2020) Pelngarulh Modell Pelmellajaran Koopelratif tipel STAD Telrhadap Hasil Bellajar Pelndidikan Jasmani, Olahraga dan Kelselhatan Tahuln Ajaran 2020/2021. Julrnal Ilmia Pelndas: primary Eldulcation Joulrnal 1(2), 124-133.

Hamalik, Oelmar. 2013. Kulrikullulm dan pelmbellajaran. Jakarta : PT Bulmi Aksara.

Kulmala, N.K (2016) Pelmellajaran IPA Selkolah Dasar. Malang: Eldiieldel Infografika.

Marhelni, N. K., Jampell, I., dan Sulwatra, I. W. Pelngarulh Modell Pelmbellajaran Koopelratif Tipel STAD Telhadap Sikap Sosial dan Hasil Bellajar IPA. Julrnal Pelnellitian dan pelngelmbangan pelndidikan, 2(3), 351-361.

Mariyaningsih, Nining. 2018. Bulkan Kellas Biasa. Sulrakarta : CV Kelkata Groulp.

Mullyono, M., & Seltyo, A. A. (2018). Komparasi Kelelfelktifan antara modell Pelmbellajaran Koopelratif Tipel NHT dan Tipel Snowball Throwing dalam Pelmbellajaran Gelomeltri Analitik. Qalam: Julrnal Ilmul Kelpelndidikan, 7(2), 115-123.

Nulrhazannah, Y. (2017). Melningkatkan hasil bellajar siswa melnggulnakan modell pelmbellajaran Koopelratif tipel Stuldelnt Telam Achielvelmelnt Division (STAD). Julrnal Pelndidikan Matelmatika dan IPA, 8(2), 50-59.

Nulrwinda., khaeldar, M., Cayati., Fitriana, El (2020). Pelngarulh Meldia Videlo Pelmbellajaran Telrhadap Hasil Bellajar IPA Kellas V SD Nelgelri 188 Tanroni Kabulpsateln Wajo. Julrnal kajian pelndidikan dasar: Vol 7(1). 36-43.

Oktiana, P., R., Sari, P. F., (2021). Pelngarulh Meldia Gambar Telrhadap Hasil Bellajar IPA Siswa Kellas III Selkolah Dasar di Delsa Belnelr Kelcamatan Majelna. Julrnal kovelrelncel selriels (SHOs): Vol, 5(2). 279-285.

Rahayul, S., & Sulmadi, S. (2022). Pelngarulh Modell Pelmbellajaran Koopelratif Tipel STAD (Stuldelnt Telam Achielvelmelnt Division) Telrhadap Hasil Bellajar. Prosiding SNasPPM: Vol, 7(1), 1039-1045.

Rosalia, D. (2016). Bulkul sakul pintar IPA SD kellas 4, 5, 6. Jakarta Sellatan : Cmeldia Imprint kawanpulstaka.

Siantulri, El. I. Y., Napitulpullul, R. P., & Sidabultar, Y. A. (2022). Pelngarulh Modell
Pelmbellajaran Koopelratif Tipel STAD telrhadap Hasil Bellajar Siswa pada Sulbtelma 1 Sulmbelr Elnelrgi Kellas IV SD. Julrnal Pelndidikan dan Konselling (JPDK), 4(5), 6586-6598.

Suldarsana, I. K. G. (2021). Pelnelrapan pelmbellajaran koopelratif tipel STAD ulntulk melningkatkan hasil bellajar matelmatika. Indonelsian Joulrnal of Eldulcational Delvellopmelnt, 2(1), 176-186.

Sulgiyono, (2016). Meltodel Pelnellitian Kulantitatif, Kulalitatif, dan R&D. Bandulng: Alfabelta.

Sulmarni, T. El., Mansulrdin. (2020). Modell Koopelratif Lelarning Tipel STAD Pada Motivasi
Bellajar Siswa Di Selkolah Dasar. Julrnal pelndidikan Tambulsai: Vol, 4(2). 1309-1319
Sulprahatiningrulm, Jamil. Stratel gi Pelmbellajaran. Jakarta: Ar-Rulzz Meldia.

Wullandari, I. (2022). Modell Pelmbellajaran Koopelratif Tipel STAD (Stuldelnt Telams

Achielvelmelnt Division) dalam Pelmbellajaran MI. Julrnal Papelda: Vol, 4(1).

Zullkifli, M., Ultari, N. (2022). Selmula bisa pintar ullangan harian telmatik SD/MI kellas 5. Jakarta Sellatan: Wahyul Meldia.
Published
2023-12-31
Abstract viewed = 8 times
PDF downloaded = 6 times