Analisis Implementasi Pembelajaran Berbasis Project-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa MI Ma’arif Bego

  • Kharisma Lujeng Lestari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Andi Prastowo UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Literasi merupakan seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, Literasi tidak bisa di lepaskan dari kemampuan berbahasa. Berbagai inovasi model pembelajaran dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar literasi anak. Model pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman penerapan sekaligus mempelajari suatu kegiatan pembelajaran adalah model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Adapun keterampilan Literasi pada siswa MI Maarif yaitu dalam mengerjakan suatu proyek anak dapat menerima penjelasan dari guru dan dapat mengunggkapkan atau menanyakan apa saja yang belum anak pahami. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai sarana pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penekanan pembelajaran terletak pada aktivitas anak untuk memecahkan masalah dengan menerapkan keterampilan membuat, menciptakan, sampai dengan mengkomunikasikan hasil pembelajaran berdasarkan pengalaman yang nyata dan dilakukan oleh anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran PJBL dalam peningkatan keterampilan literasi siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran PJBL untuk meningkatan keterampilan siswa sudah dilakukan dengan cukup baik.

References

Andhara, O., Mustiningsih, & Karimah, K. Z. (2020). Implementasi Model Dan Desain Kurikulum di Indonesia. Seminar Nasional - Arah Manajemen Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19, 229–236.

Ansar, A., & Rahmah, N. (2023). Penerapan Model PjBL Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 289–304. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.213

Aprilia, W. (2020). Organisasi dan Desain Pengembangan Kurikulum. Islamika, 2(2), 208–226. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.711

Ayu, S., Dianti, T., Pamelasari, S. D., & Hardianti, R. D. (2018). Pendekatan Stem Terhadap Peningkatan Kemampuan. 432–442.

Darmayoga, I. W., & Suparya, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD N 1 Penatih Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 41–50.

Fatimah, L. S., & Fatayan, A. (2022). Analisis Pengembangan Kurikulum Cambridge dalam Pembelajaran Matematika dengan Project-Based Learning di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Paedagogy, 9(4), 716. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5585

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. 5(3), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Izati, S. N., Wahyudi, & Sugiyarti, M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(9), 1122—1127-1127. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11508

Martati, B. (2022). Penerapan Project Based Learning Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Conference of Elementary Studies, 14–23. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/14907

Mulyati, S. (2020). Implementasi Model Project Based Learning Pada Siswa Sd Negeri 7 Wonogiri. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(02), 134–142. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v2i02.598

Muttaqin, M. F., & Rizkiyah, H. (2022). Efektifitas Budaya Literasi dalam Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.342

Pendidikan, S. (2022). Penerapan model problem based learning (pbl) dalam meningkatkan literasi membaca siswa kelas v sd negeri kajhu aceh besar.

Rusmayadi, Musi, M. A., Ilyas, S. N., & Chafidah, N. (2022). Pengaruh PjBL Terhadap Kemampuan Literasi Baca Tulis pada Anak Usia 5-6 Tahun. Tunas Siliwangi, x(x), 1–7.

Sulistiyani, B. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 422. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53379

Sutisnawati, A., Okta Rosfiani, Rahman Hermawan, C., Muhammad Iqbal Fahrezi, Ibnu Azie, Sri Wahyuni, Aina
Mardiyah, & Assyifa Kamila. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivis Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1604–1615. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3326

Yusri Bachtiar, M. (2022). Penerapan Pembelajaran (Project Based Learning) PjBL Dalam Meningkatkan Metode Eksperimen pada Anak Usia Dini. 125–130.

Zuwariyah, S., Irawan, E., & Artikel, I. (2021). Jurnal Tadris IPA Indonesia. Pengaruh Model Sains Teknologi Masyarakat Dan Pendekatan ESD Dalam Meningkatkan Kepedulian Lingkungan, 1(1), 68–72.
Published
2024-08-08
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times