Pengembangan LKS IPA Berbasis Scientific pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Elya Rosalina Universitas PGRI Silampari
  • Asep Sukenda Egok Universitas PGRI Silampari

Abstract

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Kevalidan, Kepraktisan, dan Keefektifan LKS IPA Berbasis Scientific pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini mengacu pada pengembangan LKS IPA Berbasis Scientific dengan desain dan pengembangan modul pembelajaran menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri 4 tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (disseminate). Berdasarkan data yang telah dinalisis oleh peneliti pada penelitian pengembangan LKS berbasis Scientific untuk siswa kelas V SD Negeri 3 Lubuklinggau, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dari ketiga validator yakni ahli bahasa, ahli materi dan ahli media diperoleh nilai keseluruhan sebesar 0,88 dengan kategori tinggi. Untuk tahap uji kepraktisan pendidik dan siswa dengan persentase secara keseluruhan sebesar 94,32  dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk tahap uji efektifitas setelah dianalisis oleh peneliti diperoleh nilai persentas sebesar 0,55 melalui perhitungan menggunakan formula N-gain (g).

 

 

Kata Kunci: Scientific, LKS IPA

References

Armadi, A. (2017). Pendekatan scientific dalam pembelajaran tematik terpadu di SD. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 1(1), 52-64. https://autentik.stkippgrisumenep.ac.id/index.php/autentik/article/view/6.

Cahyadi, Hari RA.(2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADIE Model. Halaqah.3(1).38. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Dewi, R. S. (2020). Penggunaan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbantuan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Ipa-Biologi Pada Pokok Bahasan Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Di Mts N 5 Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 4(2).230-239.

Diani, R. (2016). Pengaruh pendekatan scientific berbantukan LKS terhadap hasil belajar fisika peserta didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 83-93. http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v5i1.108.

Fajri, K. & Taufiqurrahman. 2017. Pengembangan Buku Ajar Menggunakan Model 4D Dalam Peningkatan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JPII. 2 (1), 1-15. 10.35316/jpii.v2i1.56.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Malang: Literasi Nusantara.

Hasanah, A. (2012). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hosnan, 2014:36. Pendekatan Scientific di sekolah Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Jumairi. 2015. Pemanfaatan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Negeri 5 Tenggarong. Jurnal Cemerlang.1,9 23.https://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/cemerlang/article/view/47.

Kurniasari, F. (2017). Implementasi Pendekatan Scientific Pada Penugasan Aktivitas Di Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(1), 9-26.
http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v4i1.44.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Lase, N. K., Sipahutar, H. & Harahap, F. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan
Siswa (LKS) Berbasis Potensi Lokal Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas XII. Jurnal Penddidikan Biologi: Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara. 5 (2), 90-114. 10.24114/jpb.v5i2.4305.

Lestari, T. E. (2020). Pendekatan Scientific Di SD. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Magdalena, Ina, Dkk. (2022). Analisis Bahan Ajar. Pendidikan Dan Ilmu Sosial. 2 (2).311-326). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/828.

Mahmuda, I. & Fajarini, A. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Siswa SMP. HERITAGE: Journal of social Studies. 1 (2) 199-218. 10.35719/hrtg.v1i2.16.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif membuat bahan ajar inovatif. Jogjakarta:
Diva Press.

Rahmiati. & Pianda, D. 2018. Strategi & Implementasi Pembelajaran Matematika di Depan Kelas. CV Jejak: Jawa Barat.

Suparyanti, Ratnawati dan Arwin. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Ssiwa Berbasis Model Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Kreativitas siswa Kleas IV SD 10 Koto Baru Pada Tema 6 Subtema 1. Inovasi Pendidikan:FKIP USMB. 2 (18), 105-110. https://doi.org/10.31869/ip.v2i18.467.

Saufi, M. (2020). Pengembangan Lks Matematika Sd Menggunakan Pendekatan Scientific. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2). 50-57. https://doi.org/10.33654/pgsd.v5i1.

Sufairoh. 2016:120, Pendekatan Scientific di Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan.Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tang, Muhammad R., et al. "Pengembangan Bahan Ajar Cerita Fiksi Berbasis Wacana Budaya Di Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, vol. 22, no. 2, 2015, pp. 169-175. https://media.neliti.com/media/publications/138872-ID-pengembangan-bahan-ajar-cerita-fiksi-ber.pdf.

Zubainur, C.M., & Bambang, R.M. (2017). Perencanaan Pembelajaran Matematika. Aceh: Syaih Kuala University Pres.
Published
2024-03-04
Abstract viewed = 21 times
PDF downloaded = 4 times