Pengaruh Gaya Pembelajaran Guru, Partisipasi Orang Tua, Kualitas Hubungan Siswa-Siswi, dan Penggunaan Teknologi Pembelajaran terhadap Peningkatan Prestasi Siswa

  • Rumiris Rumiris Universitas Advent Indonesia
  • Harlyn Siagian Universitas Advent Indonesia
  • Ronny Buha Sihotang Universitas Advent Indonesia

Abstract

Dalam kaitannya dengan pembangunan pendidikan, fokus utama negara adalah keberhasilan sistem pendidikan. Namun, tantangan dan kompleksitas yang dihadapi sistem pendidikan dalam dinamika global memerlukan solusi inovatif. Sebagai cerminan kualitas pengajaran, kinerja siswa dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti gaya belajar guru, keterlibatan orang tua, dinamika hubungan siswa-siswa, dan penggunaan teknologi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak faktor-faktor tersebut terhadap kinerja siswa dan menemukan strategi efektif untuk meningkatkan kinerja siswa secara keseluruhan. Dengan metode penelitian kuantitatif, informasi dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk menilai pemahaman siswa terhadap variabel yang diteliti. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua dan kualitas hubungan siswa-siswa berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan prestasi siswa, sedangkan gaya belajar guru dan pemanfaatan teknologi pembelajaran tidak signifikan. Penelitian ini memberikan pemahaman komprehensif tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa, meletakkan dasar bagi pengembangan strategi pendidikan yang lebih efektif, dan menyoroti peran orang tua dan pentingnya hubungan siswa-ke-siswa dalam konteks pembelajaran. Dengan cara ini, penelitian ini berkontribusi pada pemahaman dan pengembangan praktik pengajaran yang inklusif dan sukses bagi semua siswa dan membuka jalan untuk meningkatkan kualitas pendidikan baik secara nasional maupun global.

 

Kata kunci: pendidikan, gaya belajar guru, keterlibatan orang tua, hubungan siswa-siswa, teknologi pembelajaran

References

Abdullah, Fatma. 2020. “Hubungan Karakter Siswa Dengan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Program Keahlian Akuntansi Di Smk Negeri 6 Makassar.” Pendidikan Dan Pemeblajaran 2(3):1–6.

Hulukati, IlhamSarlin, Muhammad. 2016. “Prestasi Siswa Dalam Kaedah Penilian Di Sekolah Dasar (Studi Pada Sekolah Dasar Di Gorontalo).” Prosding Seminar Nasional 02:72.

Linatul Maskuroh, Tutuk Ningsih. 2023. “Transformasi Sosial Di Lembaga Pendidikan Dan Dampaknya Pada Masyarakat 1 1.” JPGMI 6(2):132.

Loilatu, Siti Hajar, Suraya Mukadar, Kasmawati Kasmawati, and Vivi Rahim Hentihu. 2021. “Strategi Belajar Mengajar Dengan Menerapkan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Di SD Alhilaal Samalagi.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 1(2):65–73.

Nathaniela, Hilda, and Esfandiari. Nadya Saphira. 2023. “Pengaruh Penggunaaan Teknologi Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah.” Jurnal Pendidikan Merdeka Belajar 1(1):1–6.

Nufus, Hayatun. 2024. “Pengaruh Penggunaan ChatGPT Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa STMIK Antar Bangsa.” JURNAL TEKNIK INFORMATIKA STMIK ANTAR BANGSA X(1):2442–45.

Nurdin, Said, Dara Rosita, and Eliana Elianaz. 2018. “Partisipasi Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak.” Jurnal Aselole 2(1):200–300.

Rahman, Danial, and Abu Rizal Akbar. 2021. “Problematika Yang Dihadapi Lembaga Pendidikan Islam Sebagai Tantangan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Nazzama: Journal of Management Education 1(1):76.

Ramadhani, M. Sandy. 2022. “Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iv Di Sekolah Dasar Negeri 2.” 1–35.

Waruwu, Marinu. 2023. “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(1):2896–2910.

Widhi, Bidari Andaru, Dyah Susilowati, Anthony Anggrawan, Helna Wardhana, Christofer Satria, and Titik Ceriyani Miswaty. 2023. “Peran Pendidikan Dalam Tantangan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Revolusi Industri 5.0.” ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 4(1):63–72.
Published
2024-04-13
Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 1 times