Pengembangan E-Learning di SD N Purwara V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Learning Berbasis Web-Blog yang sesuai dengan kebutuhan siswa kelas V SD Negeri Purwara V. Metode penelitian yang digunakan Research and Development dengan desain pengembangan model ADDIE. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Purwara V. Sampel Penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket. Teknik analisis data menggunakan skala likert dan mean (persentase nilai rata-rata). Berdasarkan hasil dari analisis dan perhitungan nilai angket uji validitas dari tim validator ahli desain, bahasa, dan materi tergolong dalam kategori baik dengan persentase 92%. Sedangkan hasil analisis uji kepraktisan guru dan siswa yang terdiri dari 10 orang uji one to onesebanyak 3 siswa, uji kelompok kecil 6 siswa dan 1 guru untuk uji kepraktisan guru. Hasil secara keseluruhan uji kepraktisan tergolong dalam kategori prakris dengan persentase 83,70%. Dengan demikian hasil penelitian dan pengembangan e-learning berbasis web-blog dapat dinyatakan valid dan praktis, e-learning berbasis web-blog layak digunakan dalam pembelajaran. Web-blog ini dapat membantu siswa dan guru di dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika.
References
Elfrianto & Lesmana. 2022. Metodologi penelitian pendidikan. Medan : UMSU press.
Eliza & Myori 2017. Trainer pada pembelajaran dasar dan pengukuran listrik. Jurnal Teknologi informasi & pendidikan. Vol 10 no 1 :12-22
Ernawati dkk. 2021. Workshop pendidikan matematika. Padang : Insan cendekia mandiri.
Febriandi dkk. 2019. Validitas lks matematika dengan pendekatan saintifik berbasis outdoor pada materi bangun datar. Jurnal pembelajaran dan pengajaran pendidikan dasar. Vol 2 no 2 : 148-158.
Hamzah. 2019. Metode penelitian & pengembangan. Malang : CV. Literasi Nusantara abadi.
Hidayat. F. 2021. Model Addie (Analisis, design, development, implementasion and Evaluation) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam. Vol 1 no 1 : 28 – 37.
Husna. 2018. HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. Jurnal unnes. Vol 1 no 1 : 170 – 176.
Lestari dkk. 2021. Pengembangan bahan ajar berbasis problem based learning pada siswa SD. Jurnal basicedu, vol 5 no 1 : 396-405.
Magdalena, dkk. 2021. Analisis Instrumen Tes Sebagai Alat Evaluasi Pada Mata Pelajaran Sbdp Siswa Kelas II SDN Duri Kosambi 06 Pagi. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol.3 No 2: 276-287.
Novita, dkk. 2019. Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal IJPE. Vol 3 No 2: 67-72.
Rahman, dkk. 2022. Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Jurnal Unismuh.ac.id. Vol 2 No 1 : 1-8.
Copyright (c) 2024 Leo Charli, Mufti Afan, Aneka Rahma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.