Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan melalui Kegiatan Bermain Konstruktif untuk Siswa TK

  • Muhammad Yusri Bachtiar PGPAUD FIP UNM

Abstract

Tujuan penelitia

The purpose of this study was to determine the increase in the ability to recognize the concept of children's numbers through constructive play activities in TK Negeri Pembina children. The research subjects were students of group B4 which consisted of 20 students of 1 teacher of group B. This research was a classroom action research conducted qualitatively and quantitatively. Collecting data through observation and documentation. The data obtained were analyzed using qualitative analysis. The results of this study indicate that Constructive Playing Activities can improve the ability to recognize the concept of numbers. Based on observations, data obtained that in cycle I the teacher was not maximal in explaining the steps of constructive play activities too quickly so that children had difficulty understanding them, so the results showed that to improve the ability to recognize the concept of numbers had not reached the expected target. In Cycle II there was an increase in the ability to recognize the concept of numbers through constructive play activities which were in the very well developed category with an average percentage of 75% so that the ability to recognize number concepts through constructive play activities could be concluded with a success rate exceeding the minimum completeness criteria.

 

Keywords: Number Concepts, Constructive Play and Early Childhood

n ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui kegiatan bermain konstruktif pada anak TK Negeri Pembina. Subyek penelitian adalah anak didik kelompok B4 yang terdiri atas 20 anak didik 1 orang guru kelompok B. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kegiatan Bermain Konstruktif dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan. Berdasarkan Pengamatan diperoleh data bahwa pada siklus I guru belum maksimal dalam menjelaskan langkah-langkah kegiatan bermain konstruktif terlalu cepat sehingga anak sukar memahaminya,sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan belum mencapai target yang diharapkan. Pada Siklus II terjadi peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui melalui kegiatan bermain konstruktif berada pada kategori berkembang sangan baik dengan persentase rata-rata 75 % sehingga kemampuan mengenal konsep bilangan melalui kegiatan bermain konstrruktif dapat disimpulkan dengan tingkat keberhasilan melebihi kriteria ketuntasan minimun.

Kata kunci: Konsep Bilangan, Bermain konstruktif dan Anak Usia Dini

References

Adjie, N., Putri, S. U., & Dewi, F. (2019). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Cacah pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 336. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.338

Anderson-McNamee, Jona K. (2010). The Importance of Play in Early Childhood Development. jurnal Family and Human Development

Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bachtiar, M. Y. (2016). PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN. Publikasi Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2275
Cebrián, G., Palau, R., & Mogas, J. (2020). The Smart Classroom as a Means to the Development of ESD Methodologies. Sustainability, 12(7), 3010. https://doi.org/10.3390/su12073010

Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar,Penilaian, Pembuatan dan Penggunaan Sarana (Alat Peraga) di Taman Kanak-kanak Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Pembinaan TK dan SD. 2006. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Taman Kanak-kanak. Jakarta

Indrijati, Herdina. 2017. Psikologi Perkembangan dan PendidikanAnak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Mertala, P., & Meriläinen, M. (2019). The best game in the world: Exploring young children’s digital game–related meaning-making via design activity. Global Studies of Childhood, 9(4), 275–289. https://doi.org/10.1177/2043610619867701
Ningsih. Try Astuti. dkk, Pengaruh Kegiatan Bermain Konstruktif Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok B Di Ra Sabila Amanda. Raudhah, Vol. 06 No.02, Juli-Desember 2018, ISSN: 2338-2163

Roselina, Donna. Nasirun. H.M., Wembrayarli. (2016). Peningkatan Kreativitas Melalui Bermain Konstruktif Dengan Media Kokoru. Jurnal Ilmiah Potensia, 2016, Vol 1 (1), 21-27

Santi, Bachtiar, M.Y (2020) Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Tradisional Congklak Di Taman Kanak- Kanak Yustikarini Kabupaten Bantaeng, Universitas Negeri Makassar

Sarnecka, B. W., & Wright, C. E. (2013). The Idea of an Exact Number: Children’s Understanding of Cardinality and Equinumerosity. Cognitive Science, 37(8), 1493–1506. https://doi.org/10.1111/cogs.12043

Sudarmilah, E., Saputra, D. B., Arbain, A. F. B., & Murtiyasa, B. (2021). Web-Based System for Growth and Development Monitoring Early Childhood. Journal of Physics: Conference Series, 1874(1), 012024. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1874/1/012024

Tedjasaputra, Mayke S. 2001. Bermain, Mainan, Dan Permainan. Jakarta; Grasindo

Zulkifli, T. I. (2020). Pengaruh bermain konstruktif terhadap kecerdasan visual spasial anak di tk islam terpadu nurul fikri makassar. Tematik: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.13042
Published
2021-12-26
Abstract viewed = 42 times
PDF downloaded = 55 times