Penggunaan Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas II SDN Rejosari dalam Penjumlahan Bilangan Asli

  • Riza Dwi Yuliyanti STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Sukasno Sukasno STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Andriana Sofiarini STKIP PGRI Lubuklinggau

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan siswa kelas II SDN Rejosari dalam menjumlahkan bilangan asli dengan menggunakan media permainan kartu bilangan signifikan tuntas atau tidak.Metode penelitian yang digunakan eksperimen semu, desain penelitiannya One Gruop Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, data populasi dan sampel adalah siswa kelas II SDN Rejosari yang berjumlah 20 orang siswa, langkah-langkah analisis data: uji normalitas dan uji z yang diperoleh dari data peningkatan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar yang mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 48,7. Setelah dihitung menggunakan rumus uji z maka diperoleh nilai Zhitung = 51,47 dan dibandingkan dengan nilai Ztabel = 1,96 dengan peluang (1/2-α) dan taraf singnifikannya (. Jadi nilai Zhitung > Ztabel atau 51,47> 1,96. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri Rejosari mengalami peningkatan setelah pengunaanmedia permainan kartu bilangan signifikan tuntas, Tahun ajaran 2020/2021.

 

Kata Kunci: Pengunaan, Permaianan Kartu Bilangan, Hasil Belajar

Author Biography

Sukasno Sukasno, STKIP PGRI Lubuklinggau

Afandi, Muhamad, Evi Chamalah, and Oktarina Puspita Wardani. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT). Vol. 392. Semarang:Unnissula Press. https://doi.org/10.1007/s00423-006-0143-4.

Annisah, Siti. 2014. “Alat Peraga Pembelajaran Matematika.†Jurnal Tarbawiyah 11 (1): 1–15.

Emelda, S. & Damayanti. 2015. Emelda. Uneversitas Surabaya.

Emi, Eti. 2016. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG Emi Eti TK Dharma Wanita Persatuan 1 Ngares Trenggalek Email : Emieti01@gmail.Com PENDAHULUAN Prasekolah Adalah Sebagai Tempat Bagi Anak Untuk Mendapatkan Proses Sosialisai Anak Melalui Sifat Yang Sesuai Dengan Kodrati Ana,†141–47.

Febriandi, R. 2019. “Validitas Lks Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor Pada Materi Bangun Datar†2 (2): 148–58. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dikdas/article/view/10612/5247.

———. 2020. “PENERAPAN MODEL DRILLS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMPUTER PADA SISWA KELAS XI IPA.†Journal of Mathematics Science and Education 2 (2): 80–95. https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JMSE/article/view/941/464.

Hanafy, Muh. Sain. 2014. “Konsep Dan Pembelajaran.†Lentera Pendidikan 17 (1): 66–79.

Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marhendra, I. K. 2018. “Implementasi MetodeDemonstrasi Berbantu Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.†Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 05 (3): 102–13.

P, Saputri. J. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Melaui Mediakartu Bilangan Pada Kelas V Di SDN 24 Temmalebba†1 (2): 127–38.

Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran.†FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3 (2): 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Pribadi, B. A., M. A. 2017. Media Dan Teknologi Dalam Oembelajaran. Jakarta:Prenadamedia Grup.

Ramli, M. 2012. Media Dan Teknilogi Dalam Pembelajaran. Kalimantan Selatan.

Retnowati, Dwi, Joharman, and Imam Suyanto. 2014. “Penerapan Metode Index Card Match Dengan Media Kartu Bilangan Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Iv Sdn 2 Mulyosri Tahun Ajaran 2014/2015†3 (3.1): 326–31.

Sugiyono. 2016. Metode Penulisan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung:SBAIgensindo.

Sundayana, R. 2015. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: ALFABETA,CV.

Suryani, N. 2019. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembannganya. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Tirtaraharja, u. & S. L. Sulo. 2015. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Published
2021-12-26
Abstract viewed = 127 times
PDF downloaded = 313 times