PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 59 KOTA LUBUKLINGGAU

  • Refi Maharani Universitas PGRI Silampari
  • Dodik Mulyono Universitas PGRI Silampari
  • Andriana Sofiarini Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa Kelas IV SD Negeri 59 Kota Lubuklinggau setelah diterapkan Model Student Teams Achievement Division (STAD) secara signifikan tuntas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Pre-test dan Pos-test. Pengambilan sampel diambil dari jumlah populasi mengingat populasi hanya ada satu kelas maka populasi merupakan sampel dalam penelitian sampel yang digunakan adalah sampling jenuh adapun sampel dalam penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Instrumen yan digunakan peneliti berbentuk soal essay yang berjumlah 8 soal. Pengumpulan data diambil dengan teknik tes. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji “Zâ€. Berdasarkan hasil uji hipotesis kemudian  dikonsultasikan dengan pada daftar distribusi “Z†denan taraf signifikan α = 0,05 sehingga diperoleh nilai dan nilai  maka  dengan hal ini maka  ditolak dan  diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Student Teams Achievement Division (STAD) dapat menuntaskan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 59 Kota Lubuklinggau.

 

Kata Kunci : Model Student Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar IPS

References

Cahyo, N, A,. (2013) Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Jogyakarta: Diva Press.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gave media.

Hidayat Isnu. (2019). Stretegi Pembelajaran Populer. Yogyakarta: Diva Press.

Mahmud. (2011) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Prefesonal Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Published
2022-06-30
Abstract viewed = 41 times
PDF downloaded = 29 times