Studi Deskriptif Pengembangan Perilaku Disiplin dalam Pembelajaran PKn di Kelas V SD

  • Slamet Abdullah SD Negeri 08 Seberang Musi Kabupaten kepahiang
  • Puspa Djuwita Universitas Bengkulu
  • Agus Susanta Universitas Negeri Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  (1) mendeksripsikan perencanaan pembelajaran PKn dalam mengembangkan perilaku disiplin siswa; (2) pelaksanaan program perencaan pengembangan perilaku disiplin siswa; dan (3) penilaian perkembangan perilaku disiplin siswa. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data  penelitian ini adalah wakil kepala sekolah, guru dan siswa SD Negeri 08 Seberang Musi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan uji kredibilitas data melalui perpanjangan pengamatan, member check dan analisis kasus negatif. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dalam tahap perencanaan guru merencanakan pengembangan perilaku disiplin melalui integrasi perilaku di dalam RPP dan merancang program pembiasaan perilaku. Pada tahap pelaksanaan perkembangan perilaku disiplin siswa muncul pada kegiatan yang dirancang di dalam dengan kegiatan pembiasaan yang dilakukan tiap harinya, meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan pengkondisian. Tahap penilaian guru menilai perkembangan perilaku disiplin siswa dengan mengunakan jurnal pengembangan perilaku dan lembar observasi perilaku siswa pada proses pembelajaran.

Kata kunci: Pembelajaran PKn, Pengembangan dan Penilaian Perilaku Disiplin

Author Biography

Puspa Djuwita, Universitas Bengkulu

This research aims to (1) describe PKn learning planning in developing student disciplinary behavior; (2) the implementation of a planning program for developing student disciplinary behavior; and (3) assessment of the development of student disciplinary behavior. The approach and type of research used is descriptive qualitative. The data sources of this study were the deputy headmaster, teachers and students of SD Negeri 08 Seberang Musi. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation with the data credibility test through extended observations, member checks and negative case analysis. The data obtained were analyzed through data reduction, data display, and conclusion drawing. The results of this study in the planning stage of the teacher planned the development of disciplinary behavior through the integration of behavior in the lesson plan and designing a program of behavioral habituation. At the stage of implementation of the development of disciplinary behavior students appear in activities that are designed inside with habituation activities carried out every day, including routine activities, spontaneous activities, exemplary and conditioning. The teacher assessment phase assesses the development of student disciplinary behavior by using a journal of behavioral development and an observation sheet of student behavior in the learning process. The conclusion is that students' disciplinary behavior appears in the habit of queuing and doing assignments according to what the teacher gives.

Keywords: Civics, Behavior, Discipline

References

Anggara, D., Y. (2015). Implementasi Nilai-Nilai Kedisiplinan Siswa Kelas IV SD Unggulan Asyiyah Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 16 Tahun ke IV September 2015. Hal 1-9

Elly, R. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 3 No.4, Oktober 2016, hal. 43 – 53. ISSN: 2337-9227

Murtini. (2008). Akhlak Siswa Terhadap Guru. Semarang: PT. Sindur Press.

Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, N., S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Winaputra, U., S. (2009). Pembelajaran PKn Di SD. Universitas Terbuka. Jakarta

Winarni, E., W. (2011). Penelitian Pendidikan. Bengkulu: FKIP UNIB

Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Bumi Aksara

Zuriah, N. (2007). Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2022-06-30
Abstract viewed = 69 times
PDF downloaded = 70 times