Studi Deskriptif Pengembangan Perilaku Disiplin dalam Pembelajaran PKn di Kelas V SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeksripsikan perencanaan pembelajaran PKn dalam mengembangkan perilaku disiplin siswa; (2) pelaksanaan program perencaan pengembangan perilaku disiplin siswa; dan (3) penilaian perkembangan perilaku disiplin siswa. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah wakil kepala sekolah, guru dan siswa SD Negeri 08 Seberang Musi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan uji kredibilitas data melalui perpanjangan pengamatan, member check dan analisis kasus negatif. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dalam tahap perencanaan guru merencanakan pengembangan perilaku disiplin melalui integrasi perilaku di dalam RPP dan merancang program pembiasaan perilaku. Pada tahap pelaksanaan perkembangan perilaku disiplin siswa muncul pada kegiatan yang dirancang di dalam dengan kegiatan pembiasaan yang dilakukan tiap harinya, meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan pengkondisian. Tahap penilaian guru menilai perkembangan perilaku disiplin siswa dengan mengunakan jurnal pengembangan perilaku dan lembar observasi perilaku siswa pada proses pembelajaran.
Kata kunci: Pembelajaran PKn, Pengembangan dan Penilaian Perilaku Disiplin
References
Elly, R. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 3 No.4, Oktober 2016, hal. 43 – 53. ISSN: 2337-9227
Murtini. (2008). Akhlak Siswa Terhadap Guru. Semarang: PT. Sindur Press.
Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, N., S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Winaputra, U., S. (2009). Pembelajaran PKn Di SD. Universitas Terbuka. Jakarta
Winarni, E., W. (2011). Penelitian Pendidikan. Bengkulu: FKIP UNIB
Winarno. (2014). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Bumi Aksara
Zuriah, N. (2007). Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.