Pengaruh Permainan Bowling Bergambar Angka Terhadap Keterampilan Kognitif Anak Usia Dini
Abstract
This research is carried out in order to find out whether there is an influence or impact on the number-illustrated bowling game on the cognitive skills of early childhood at Nurus Sa'adah Kindergarten 03 Paluombo hamlet, Sumbersalak village, Ledokombo district. The technique used as a reference in data collection is to use the method of observation (observation) and documentation. The population in this research is as many as 20. Determination of the sample randomly with the sampling technique is not random. Pre-experimental research design Pretest-posttest design for the group. The analysis method uses simple regression and the number of samples used is N = 20 students. The results of this research indicate that Ha is accepted and H0 is rejected. Based on the results of this research, it shows that there is a significant effect of bowling with numbers on the cognitive skills of early childhood.
References
Arifin, As’ad, Nuril. 2018. Pengaruh Permainan Halang Rintang Terhadap Kemampuan Orientasi dan Mobilitas Pada Siswa Tunanetra di SLB-A TPA Jember.Desertasi tidak diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Jember.
Fara, Fiska. 2020. Kajian Penerapan Permainan Bowling Berbahan Bekas Pada Kemampuan Berhitung Permulaan Anak.Ternate Utara: Cahaya Paud. Ejournal.unkhair.ac.id, (online), (http://www.ejournal.ac.id/index.php/cahayapd/article/view/2036), diakses 3 Maret 2021.
Febriandi, R. (2020). PENERAPAN MODEL DRILLS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMPUTER PADA SISWA KELAS XI IPA. Journal of Mathematics Science and Education, 2(2), 80–95. https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JMSE/article/view/941/464
Hikmah, Nida Nur. 2018. Pengaruh Pengunaan Media Permainan Bowling Number Terhadap kemampuan Mengenal Konsep Kemampuan Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok A TK Muslimat NU 63 Wuluhan Jember. Wuluhan : Desertasi tidak diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Irmawati, Heni, dkk. 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Dalam Permainan Bowling Terhadap Kemampuan Konsep Bilangan Anak Kelompok A di TK PGRI 63 Semarang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Kurniasih, Imas. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta : Edukasia.
Lubis, Witri, Khairi. 2018. Pengaruh Pengunaan Media Gambar Terhadap Keterampilan kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Mengenal Konsep Bilangan di TK Ummi Erni Tahun Ajaran 2018/2019. Disertasi tidak diterbitkan. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruaan Universitas Islam Negerin Sumatra Utara Medan.
Luluk, Hadiqotul, dkk. 2018. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Banten: Universitas Terbuka.
MM, Syofian, Siregar.2014. Metode Riset kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual Dan SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137. 2014. Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rahayu, Mugi. 2018. Mengembangkan Keterampilan kognitif Melalui Permainan Bowling di Taman Kanak-Kanak Geomerlang Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Tidak diterbitkan. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Rosley, Marliani. 2015. Psikologi Perkembangan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sodikin, Nonike, Rose, dkk. 2014. Pengaruh Permainan Bowling Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Kelompok A TK PGRI Desa Pruggahan Kulon Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Jurnal Mahasiswa Unesa.
Sugiyono. 2015. Metode Riset Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Statistik Untuk Riset. Bandung : Alfabeta.
Syamsu, N.L, Yusuf. 2011. Perkembangan Peserta Dididik. Depok: PT Raja Grafindo Persada Depok.
Utami, Linda, Sekar, dkk. 2019. Efektifitas pembelAjaran multirepresentasi untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa fisika materi gelombang dan optik tahun akademik 2018/2019. Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika.
Wirawan. 2016. Evaluasi Teori, Model, Metodologi, Standar, Aplikasi dan Profesi.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Yudha, Drs, dkk. 2005. PembelAjaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi Jakarta.