Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Ditinjau Dari Minat Baca Siswa Kelas V SD
Abstract
This study aims to: 1) To describe students' reading comprehension ability in terms of high reading interest in class V SDN 82 Singkawang. 2) To describe students' reading comprehension ability in terms of moderate reading interest in class V SDN 82 Singkawang. 3) To describe students' reading comprehension ability in terms of low reading interest in class V SDN 82 Singkawang. This study uses a descriptive type and a qualitative approach. The subjects in this study were students of class V SDN 82 Singkawang, totaling 22 people. Data analysis techniques used are data reduction data, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that students with high reading interest have poor comprehension skills, students who have reading interest while having sufficient comprehension skills, and students who have low reading interest have poor understanding abilities.
References
Ahmad, F. Z. (2013). Penerapan Strategi PQ4R untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-8.
Arikunto, S. (2015). Buku Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Darmono, & Meliyawati. (2018). Pemahaman Dasar Membaca./oleh Meliyawati. Buku Ed. Revisi, Cet 2-Yogyakarta: Deepublish.
Fauziah. (2010). Hubungan minat membaca dan motivasi belajar dengan hasil belajar materi menulis karangan pada warga belajar kejar paket C di PKBM AL-Firdaus Kabupaten Serang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 1(2).
Hariyati. (2012:12). The Identifikasi Minat Pengunjung Museum Mpu Tantular Terhadap Permainan Tradisional Di Kecamatan Buduran Kabupaten Sidiarjo. Journal Pendidikan Surabaya 2021 Vol 9 No 1.
Hartinah, H., & Abdullah, S. I. 2019. Pengaruh Minat Baca dan Persepsi Atas Perpustakaan Sekolah Terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia.
Khofiah. (2015). Hubungan Minat Baca dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Tinggi SDN 1 Karangsari Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. UNY. Skripsi Universitas sebelas Maret Jawa Tengah.
Kurniawati, E. (2019). Dampak Pariwisata Pantai Walur Terhadap Perekonomian Masyarakat Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Di Pekon Walur Kecamatan Krui Selatan Kabupaten Pesisir Barat) (Doctoral Dissertation, IAIN Metro). Skripsi Krui Selatan Kabupaten Pesisir Barat.
Lexy. J. (2005). Pengaruh Modernisasi Terhadap Eksistensi dan Keberlangsungan Pengrajin Dandang di Desa Parapatan Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 17-33.
Majalah Bobo. (2019). Buku Sehat Itu Penting./Belajar Praktis Tematik Terpadu SD/MI Kelas V Tema IV.
Masruroh, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Dengan Menggunakan Teknik Scramble Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas VA SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 (Doctoral Dissertation, UIN Walisongo). Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Meliyawati. (2018). Pemahaman Dasar Membaca. ./oleh Meliyawati Buku Ed. Revisi, Cet 2-Yogyakarta: Deepublish.
Siregar & Syofian M.M. (2012) Buku Metode Penelitian Kuantitatif./ Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS.
Sisyono, & Dkk (2008). Pengenalan Cerita Rakyat Asal-Usul Empat Lawang Di Smk N 1 Empat Lawang Sebagai Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(1), 80-89.
Slamet, & Sapitri. (2019). Hubungan Intensitas Membaca Karya Ilmiah Dengan Sikap Berpikir Kritis Mahasiswa Pai Semester 5 Iain Surakarta Tahun Akademik 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN SURAKARTA). Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Somadayo. (2011). Penerapan strategi direct, reading, thinking, activity,(DRTA) dalam meningkatkan membaca pemahaman pada pembelajaran tematik: penelitian tindakan kelas pada pembelajaran tema siswa kelas III di MI Naelushibyan kecamatan Cileunyi kabupaten Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung). Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Sudjana. N. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Dan Pemahaman Siswa Materi Protista Di Kelas X SMA Se-Kecamatan Medan Johor (Doctoral dissertation, Unimed). Journal Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan.
Sugiyono. (2020). Buku Metode Penelitia Pendidikan./ Kuantitatif, Kualitatif dan R&D: Bandung: Alfabeta.
Tarigan, A. P., Tanjung, D. S., & Anzelina, D (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV SDN 040549 Perbulan. Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED, 11(2), 1-10.
Tarigan. H.G. (1985). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Buku Ed. Revisi 2008. Bandung: Angkasa Bandung.