Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Berbasis Etno-Stem Melalui Tabut
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada pembelajaran matematika melalui Tabut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif dengan menggunakan pendekatan Etno-STEM. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IX-A SMP Negeri 03 Bengkulu Tengah pada semester ganjil 2024/2025. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara semi-terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembuatan miniatur Tabut dalam pembelajaran matematika berbasis Etno-STEM dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Kata Kunci: Berpikir kritis matematis, Etno-STEM, Tabut
References
Arif, D. S. F., Zaenuri, & Cahyono, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2018, 323–328. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/594
Asmara, A. (2022). Students’ Mathematical Literacy Ability at Application of Besurek Learning Model. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 9(8), 394–399. http://ijmmu.comhttp//dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v9i8.4028
Bramastia, B., Antrakusuma, B., Wati, I. K., Nugraheni, F. S. A., Suciati, S., Sari, M. W., & Masithoh, D. F. (2023). in House Training : Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogi MGMP IPA Karanganyar. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(1), 125–132. https://doi.org/10.54082/jamsi.1051
Fauzi, F. A., Ratnaningsih, N., & Nimah, K. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Gaya Berpikir Gregorc. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 2(2), 96–107. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jarme/article/view/1734
Febrian, S. A., Rahmawati, F., & ’Adna, S. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantuan Math City Map terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(3), 307. https://doi.org/10.24014/juring.v6i3.23567
Fitriani, B. N. F., Azmi, S., Wulandari, N. P., & Kurniati, N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(2), 223–232. https://doi.org/10.29303/jm.v5i2.6341
Hadi, F. R. (2021). Efektifitas Model Pbl Terintegrasi STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6644–6649. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2005
Idrus, S. W. Al. (2022). Implementasi STEM Terintegrasi Etnosains (Etno-STEM) di Indonesia: Tinjauan Meta Analisis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2370–2376. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.879
Indarwati, I. I., Syamsurijal, S. S., & Firdaus, F. F. (2021). Implementasi Pendekatan Stem pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar untuk Meningktakan Hasil Belajar Siswa Smk Negeri 2 Baras Mamuju Utara. Jurnal MediaTIK, 4(1), 23. https://doi.org/10.26858/jmtik.v4i1.19725
Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confidence. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 49–56. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2804
Prajono, R., Gunarti, D. Y., & Anggo, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau dari Self Efficacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 143–154. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.694
Putri, M. H., Desy Hanisa Putri, D. H. P., Iwan Setiawan, I. S., & Aprina Defianti, A. D. (2024). Implementation of Ethno-STEM Learning through the “Lompek Kodok” Game to Enhance Critical Thinking Ability. SEJ (Science Education Journal), 8(1), 33–55. https://doi.org/10.21070/sej.v8i1.1655
Rakhmawati, D., Hendracipta, N., Pribadi, R. A., & Nurhasanah, A. (2024). Peran Guru dalam Mengoptimalkan Model-Model Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 75–85. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.1352
Ramadhania, S. S., & Saputro, M. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Pecahan Kelas VII SMP. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 137–144. https://doi.org/10.26618/sigma.v15i1.11428
Risnanosanti, R., Ristontowi, R., & Ramadianti, W. (2024). Mathematics Concepts in Making Kites as a Tool in Ethno-STEM Based Learning. International Journal of STEM Education for Sustainability, 4(1), 24–37. https://doi.org/10.53889/ijses.v4i1.301
Risnawati, A. A. (2020). Pembelajaran Ethno-STEM Berbantu Google Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 1051–1056. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/1295/809
Rohmantika, N., & Kurniawan, E. S. (2021). Using of Ethno-STEM Based Teaching Materials to Increase the Creativity of Students in Learning Physics. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 129. https://doi.org/10.31258/jgs.9.2.129-138
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548
Sari, N. R., Nayazik, A., & Wahyuni, A. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Ethno-STEM pada Materi Volume Benda Putar Integral. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(3), 565. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i3.7289
Shufa, N. K. F., & Adji, T. P. (2024). Pembelajaran Terintegrasi STEAM berbasis Kearifan Lokal: Strategi Signifikan dalam Meningkatkan 4 Cs di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 1(2), 55–67. https://doi.org/10.62951/prosemnasipi.v1i2.30
Suciati, I., Mailili, W. H., & Hajerina, H. (2022). Implementasi Geogebra Terhadap Kemampuan Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran: a Systematic Literature Review. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(1), 27. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.5972
Sumarni, W., & Kadarwati, S. (2020). Ethno-stem Project-Based Learning: Its Impact to Critical and Creative Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 11–21. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21754
Sunedi, S., & Syaflin, S. L. (2024). Pengembangan E-Modul Ajar Berbasis Etno STEM pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(2), 325–335. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i2.631
Wulandari, A., Risnanosanti, R., & Ramadianti, W. (2024). Etnomatematika pada bangunan Tabut Bansal Bengkulu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 46–60. https://doi.org/10.33654/math.v10i1.2653
Wulandari, F., & Hanim, M. (2023). Model Pembelajaran Inkuiri Terintegrasi Etno-STEM terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10779–10786. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3121
Zahro, S. M., Susanto, & Suwito, A. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xii Di Jember pada Materi Dimensi Tiga. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 4(2), 55–60. https://doi.org/10.51878/secondary.v4i2.3004
Copyright (c) 2025 Dio Reski Winanda, Risnanosanti Risnanosanti, Rahmat Jumri, Adi Asmara, Winda Ramadianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.