Profil Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Peluang Ditinjau dari Jenis Kelamin

Authors

  • Dini Nurul Sabila B Universitas Tadulako
  • Pathuddin Pathuddin Universitas Tadulako
  • Rita Lefrida Universitas Tadulako
  • Alfisyahra Alfisyahra Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.31539/judika.v8i3.15178

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal cerita peluang di kelas VIII SMP Negeri 3 Tolitoli, ditinjau dari jenis kelamin. Aspek metakognisi yang dianalisis meliputi perencanaan, pemantauan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa, satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui tes tertulis soal cerita peluang dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki lebih menonjol dalam aspek perencanaan dan pemantauan, yaitu mampu merencanakan langkah penyelesaian secara sistematis dan melaksanakan prosedur pengerjaan dengan runtut. Sementara itu, siswa perempuan menunjukkan penguasaan pada ketiga aspek metakognisi: perencanaan, pemantauan, dan evaluasi. Siswa perempuan tidak hanya mampu merencanakan dan memantau langkah-langkah penyelesaian, tetapi juga mengecek kembali jawaban yang diperoleh dan menuliskan kesimpulan dengan jelas.Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan metakognisi siswa, dengan memperhatikan perbedaan karakteristik antara siswa laki-laki dan perempuan.

Kata kunci: metakognisi, soal cerita peluang, jenis kelamin

Downloads

Published

2025-06-17