Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Nilai-Nilai Cerita Rakyat (Hikayat) Siswa Fase E SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan Mengidentifikasi nilai-nilai cerita rakyat (hikayat) siswa fase E SMA N 1 Mukomuko. Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan berbentuk Posttest Only Control Design atau desain terdapat dua kelompok yaitu kontrol dan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa fase E SMA N 1 Mukomuko. tahun Pelajaran 2023/2024. Dua kelas diambil sebagai sampel secara simple random sampling yaitu fase E.9 sebagai kelas Eksperimen dan fase E.7 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh dari pengunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukan bahwa nilai thitung (8,91) >t t tabel (1,66) sehingga hipotesis diterima. Dengan demikian hipotesis berbunyi ada pengaruh model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan mengidentifikasi nilai-nilai cerita rakyat (hikayat) siswa fase E SMA N 1 Mukomuko dapat diterima kebenaranya dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 82,72 lebih besar dari kelas kontrol 67,74.
Kata Kunci: Kemampuan Mengidentifikasi, Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Nilai-Nilai Cerita Rakyat (Hikayat)
References
Anggraini, D, L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P, B. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Agustika, T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata Di TK Centre Desa Jatitengah Kecamatan Majalengka Titin Agustika. Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 25–30. https://doi.org/10.31949/ra.v1i1.2595
Dirmawati. (2018). Nilai-Nilai dalam Hikayat Sabai Nan Aluih Karya Tulis Sutan Sati dan Skenario Pembelajarannya di Kelas X SMA IT Wahdah Islamiah Makassar. Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke-57, 103–110.
Fitri, R. dkk. (2019). Metode Penelitian Pengajaran Bahasa. STKIP PGRI Sumbar Press.
Copyright (c) 2024 Rizki Putri Rahmadani, Yulia Sri Hartati, Trisna Helda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.