Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Nilai-Nilai Cerita Rakyat (Hikayat) Siswa Fase E SMA

  • Rizki Putri Rahmadani Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Yulia Sri Hartati
  • Trisna Helda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan Mengidentifikasi nilai-nilai cerita rakyat (hikayat) siswa fase E SMA N 1 Mukomuko. Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan berbentuk Posttest Only Control Design atau desain terdapat dua kelompok yaitu kontrol dan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa fase E SMA N 1 Mukomuko. tahun Pelajaran 2023/2024. Dua kelas diambil sebagai sampel secara simple random sampling yaitu fase E.9 sebagai kelas Eksperimen dan fase E.7 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh dari pengunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukan bahwa nilai thitung (8,91) >t t tabel (1,66) sehingga hipotesis diterima. Dengan demikian hipotesis berbunyi ada pengaruh model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan mengidentifikasi nilai-nilai cerita rakyat (hikayat) siswa fase E SMA N 1 Mukomuko dapat diterima kebenaranya dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 82,72 lebih besar dari kelas kontrol 67,74.

 

Kata Kunci: Kemampuan Mengidentifikasi, Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Nilai-Nilai Cerita Rakyat (Hikayat)

References

Aditya, M., & Wardana, W. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Surakarta. Ptk, 4(1), 2747–1969. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.286

Anggraini, D, L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P, B. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53

Agustika, T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata Di TK Centre Desa Jatitengah Kecamatan Majalengka Titin Agustika. Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 25–30. https://doi.org/10.31949/ra.v1i1.2595

Dirmawati. (2018). Nilai-Nilai dalam Hikayat Sabai Nan Aluih Karya Tulis Sutan Sati dan Skenario Pembelajarannya di Kelas X SMA IT Wahdah Islamiah Makassar. Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke-57, 103–110.

Fitri, R. dkk. (2019). Metode Penelitian Pengajaran Bahasa. STKIP PGRI Sumbar Press.
Published
2024-12-10
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times