Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Platform Media Sosial untuk Pembelajaran Berbicara
-
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan platform media sosial untuk pembelajaran keterampilan berbicara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode survei. Empat bagian dalam survei, yaitu: 1) demografi, 2) latar belakang penggunaan platform media sosial, 3) patform yang sering digunakan, dan 4) waktu yang digunakan. Subyek penelitian ini terdiri dari 70 mahasiswa semester II di STIS Muhammadiyah Tarakan. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan wawancara, Instrumen penelitian pertanyaan dalam kuesioner yang terdiri dari 21 pertanyaan. Data penelitian ini dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform media sosial yang digunakan mahasiwa di STIS Muhammadiyah Tarakan berupa whatsApp gruop, google classroom, zoom, telegram. Mahasiswa memiliki persepsi respon positif dan respon negatif terhadap penggunaan platform media sosial untuk pembelajaran keterampilan berbicara. Dari keduanya diketahui respon positif lebih banyak dirasakan oleh mahasiswa dari pada respon negatif terkait penggunaan platform media sosial untuk keterampilan berbicara.
Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Media Sosial, Pembelajaran, Persepsi
References
Afacan, O., & Ozbek, N. (2019). Investigation of Social Media Addiction of High School Students. International Journal of Educational Methodology, 5(2), 235–245. https://doi.org/10.12973/ijem.5.2.235
Ayu, M. (2020). Evaluation of Cultural Content on English Textbook Used by EFL Students in Indonesia. 6 (October), 183–192. https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.33541/jet.v6i3.1925.
Balakrishnan, V., Teoh, K. K., Pourshafie, T., & Liew, T. K. (2017). Social Media and their use in Learning: A Comparative Analysis between Australia and Malaysia from the Learners’Perspectives. Australasian Journal of Educational Technology, 33(1), 81–97. https://doi.org/10.14742/ajet.2469
Çalişma, Y. B. İ. R. (2017). March 2017. The Mathematics Teacher, 110(7), 520. https://doi.org/10.5951/mathteacher.110.7.0520
Kervin, L., Comber, B., & Woods, A. (2017). Toward a Sociomaterial Understanding of Writing Experiences Incorporating Digital Technology in an Early Childhood Classroom. Literacy Research: Theory, Method, and Practice, 66(1), 183–197. https://doi.org/10.1177/2381336917718522
Mbatha, B. (2014). Global Transition in Higher Education: From the Traditional Model of Learning to a New Socially
Mediated Model. International Review of Research in Open and Distance Learning, 15(3), 257–274. https://doi.org/10.19173/irrodl.v15i3.1823
Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Milles M .B.; A.M Huberman; & Saldana J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methodes Sourcebook. SAGE Publications, Inc.
Mohamed, K. A. A., & Halim, T. (2023). Smart-Phone Assisted Language Learning in a Public University in Saudi Arabia. International Journal of Language Education, 7(1), 120–133. https://doi.org/10.26858/ijole.v1i1.43135
Rao P.S. (2019). The Use of Mobile Assisted Language Learning (Mall) Technology in Teaching and Learning in the Calssrooms. Www.Rjoe.Org.in An International Peer-Reviewed English Journal, 4, 2456–2696.
Rogers-Estable, M. (2014). Web 2.0 Use in Higher Education. European Journal of Open, Distance and E-Learning, 17(2), 130–142. https://doi.org/10.2478/eurodl-2014-0024
Siah, P. C., Hue, J. Y., Wong, B. Z. R., & Goh, S. J. (2021). Dark Triad and Social Media Addiction among Undergraduates: Coping Strategy as a Mediator. Contemporary Educational Technology, 13(4). https://doi.org/10.30935/cedtech/11104
Stockwell, G. (2008). Usage Patterns of Mobile Learning. ReCALL, 20(3), 253–270.
Copyright (c) 2025 Asih - Riyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.