Efektivitas Strategi Lightening the Learning Climate terhadap Kemampuan Menyampaikan Laporan secara Lisan

  • Syaiful Abid Universitas PGRI Silampari (UNPARI) Lubuklinggau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan siswa kelas VIII SMP Negeri Karang Dapo dalam pembelajaran menyampaikan laporan secara lisan setelah menerapkan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate. Metode yang digunakan adalah Kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 102 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.C yang terdiri dari 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor pretest adalah 70,69 lebih kecil dari posttest yaitu 77,31. Berdasarkan hasil Uji Hipotesis diperoleh harga menjadi = 2,46. Hasil ini dikonsultasikan dengan t-test (t-tabel dengan N = 26 atau db/df = 25) pada taraf signifikan 5% yaitu 2,06. Hal ini menunjukkan bahwa nilai to lebih besar dari t-test pada taraf signifikansi 5% (2,46 > 2,06). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan kemampuan siswa dalam pembelajaran menyampaikan laporan secara lisan pada siswa kelas VIII SMP Negeri Karang Dapo mencapai ketuntasan setelah menerapkan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate. Kata kunci: Efektifitas, Laporan Lisan, Strategi Pembelajaran Lightening

References

Abid, S., Rohman, A., Indani, T. R., & Lubuklinggau, S. (2021). Pengembangan bahan ajar mata kuliah teori sastra mengunakan aplikasi kvisoft flipbook maker di stkip-pgri. 1(2), 85–91.

Arianti, R., & Ningsih, A. R. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dalam Menginterpretasi Teks Laporan Hasil Observasi Secara Lisan pada Siswa Kelas X IPA.2 SMA Negeri 1 Rambah. Jurnal Pendidikan Rokania, 4(2), 183–197.

Diana, R., Noermanzah, & Muslihah, N. N. (2014). Hubungan kemampuan menulis laporan perjalanan dengan kemampuan menyampaikan isi laporan secara lisan siswa kelas viii smp negeri 1 muara kulam. Jurnal Perspektif Pendidikan, 8(2), 51–59.

Halisa, S. A., Mandailina, V., & Pramita, D. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui. 2(2), 15–19.

Kusmiarti, R., & Hamzah, S. (2019). Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 211–222. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba

Maulana, R. H. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Menanggapi Laporan Perjalanan Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Sibolga. 101–108.

Muhammadiyah, X. S. M. A., & Tahun, M. (2018). Diajukan untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Memenuhi Syarat Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) Pada Program Studi Bimbingan dan Konseling.

Mulyo, S., Ilyas, M., & Ridhani, A. (2019). Pembelajaran Keterampilan Berbicara dengan Metode Field Trip pada Peserta Didik Kelas IX SMP Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 115–126. https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i2.pp115-126 https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i2.23

Pai, M. P., Muhajir, A., Raya, I. P., & Raya, I. P. (2021). Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimum ( KKM ). 1(1), 527–536.

Pancasila, P. (2018). Penerapan pendidikan karakter terhadap efektifitas penggunaan kurikulum 2013 dalam persepektif moral bangsa di sma nurul jannah nw ampenan. 6(1). https://doi.org/10.31764/civicus.v6i1.636

Putra, R. S., Islam, U., Banda, N. A., Islam, U., Banda, N. A., Islam, U., Banda, N. A., & Inggris, B. (2020). Lightening the learning climate. 1(1), 52–62.
Published
2023-01-31
Abstract viewed = 72 times
pdf downloaded = 114 times