Metode Pembelajaran Cooperative Script Siswa SMP terhadap Kemampuan Menanggapi Isi Laporan Perjalanan
DOI:
https://doi.org/10.31539/kibasp.v7i1.6430Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya metode pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan menanggapi isi laporan perjalanan siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Lubuklinggau. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2014/2015, yang berjumlah 46 orang yang tersebar dalam 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas yang terpilih adalah kelas VIII.A dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yaitu teknik tes. Teknik anallisis data dalam penelitian ini dapat menggunakan uji statistik, yaitu uji “t†dengan db/df = 24 (25-1). Data hasil analisis diperoleh to= 21,84. Hasil ini bila dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel2,06, dan taraf signifikan 1% diperoleh ttabel2,80. Hal ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan to lebih besar daripada t1, baik pada taraf signifikan 5% maupun 1 % (2,06<21,83> 2,80). Dengan demikian hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa metode pembelajaran cooperative script efektif terhadap kemampuan menanggapi isi laporan perjalanan siswa kelas SMP PGRI 3 Lubuklinggau, terbukti kebenarannya.
Kata Kunci: Laporan Perjalanan, Pembelajaran Cooperative Script
References
Hasim, F. Y., Popoi, I., & Ardiansyah, A. (2019). Penerapan Metode Cooperative Script Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 1(2), 51–60. https://doi.org/10.37479/jeej.v1i2.2521
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Istiqoh, N.(2020). Peningkatan kemampuan menulis pantun dengan menggunakan model Think Pair Share dikelas VII A MTs pesantren pembangunan majenang kabupaten cilacap tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Diksatrasia, 6(1). 22-29
Septia, D., Kurniawan, P. W., & Harjanto, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Sejarah SMK Negeri 4 Bandar Lampung. Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Penelitian Kesejarahan, 7(2), 230–236.
Wardani, R K. (2008). “Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Perjalanan dengan Menggunakan Metode 5W+1H dalam Pembelajaran Bahasa I ndonesia pada Siswa Kelas VIIID MTs Al-Asror Patemon Gunung Patiâ€. Unplublished Skripsi. Semarang: Unnes.