Metode Pembelajaran Cooperative Script Siswa SMP terhadap Kemampuan Menanggapi Isi Laporan Perjalanan

Authors

  • Syaiful Abid Universitas PGRI Silampari (UNPARI) Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.31539/kibasp.v7i1.6430

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya metode pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan menanggapi isi laporan perjalanan siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Lubuklinggau. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2014/2015, yang berjumlah 46 orang yang tersebar dalam 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas yang terpilih adalah kelas VIII.A dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yaitu teknik tes. Teknik anallisis data dalam penelitian ini dapat menggunakan uji statistik, yaitu uji “t†dengan db/df = 24 (25-1). Data hasil analisis diperoleh to= 21,84. Hasil ini bila dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel2,06, dan taraf signifikan 1% diperoleh ttabel2,80. Hal ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan to lebih besar daripada t1, baik pada taraf signifikan 5% maupun 1 % (2,06<21,83> 2,80). Dengan demikian hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa metode pembelajaran cooperative script efektif terhadap kemampuan menanggapi isi laporan perjalanan siswa kelas SMP PGRI 3 Lubuklinggau, terbukti kebenarannya.

 

Kata Kunci:  Laporan Perjalanan, Pembelajaran Cooperative Script

References

Abid, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Environmental Learning terhadap Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 5(1).127–140.

Hasim, F. Y., Popoi, I., & Ardiansyah, A. (2019). Penerapan Metode Cooperative Script Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 1(2), 51–60. https://doi.org/10.37479/jeej.v1i2.2521

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Istiqoh, N.(2020). Peningkatan kemampuan menulis pantun dengan menggunakan model Think Pair Share dikelas VII A MTs pesantren pembangunan majenang kabupaten cilacap tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Diksatrasia, 6(1). 22-29

Septia, D., Kurniawan, P. W., & Harjanto, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Sejarah SMK Negeri 4 Bandar Lampung. Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Penelitian Kesejarahan, 7(2), 230–236.

Wardani, R K. (2008). “Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Perjalanan dengan Menggunakan Metode 5W+1H dalam Pembelajaran Bahasa I ndonesia pada Siswa Kelas VIIID MTs Al-Asror Patemon Gunung Pati”. Unplublished Skripsi. Semarang: Unnes.

Downloads

Published

2023-08-20