Metode Pembelajaran Cooperative Script Siswa SMP terhadap Kemampuan Menanggapi Isi Laporan Perjalanan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya metode pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan menanggapi isi laporan perjalanan siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Lubuklinggau. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2014/2015, yang berjumlah 46 orang yang tersebar dalam 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas yang terpilih adalah kelas VIII.A dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yaitu teknik tes. Teknik anallisis data dalam penelitian ini dapat menggunakan uji statistik, yaitu uji “t†dengan db/df = 24 (25-1). Data hasil analisis diperoleh to= 21,84. Hasil ini bila dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel2,06, dan taraf signifikan 1% diperoleh ttabel2,80. Hal ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan to lebih besar daripada t1, baik pada taraf signifikan 5% maupun 1 % (2,06<21,83> 2,80). Dengan demikian hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa metode pembelajaran cooperative script efektif terhadap kemampuan menanggapi isi laporan perjalanan siswa kelas SMP PGRI 3 Lubuklinggau, terbukti kebenarannya.
Kata Kunci: Laporan Perjalanan, Pembelajaran Cooperative Script
References
Hasim, F. Y., Popoi, I., & Ardiansyah, A. (2019). Penerapan Metode Cooperative Script Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 1(2), 51–60. https://doi.org/10.37479/jeej.v1i2.2521
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Istiqoh, N.(2020). Peningkatan kemampuan menulis pantun dengan menggunakan model Think Pair Share dikelas VII A MTs pesantren pembangunan majenang kabupaten cilacap tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Diksatrasia, 6(1). 22-29
Septia, D., Kurniawan, P. W., & Harjanto, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Sejarah SMK Negeri 4 Bandar Lampung. Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Penelitian Kesejarahan, 7(2), 230–236.
Wardani, R K. (2008). “Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Perjalanan dengan Menggunakan Metode 5W+1H dalam Pembelajaran Bahasa I ndonesia pada Siswa Kelas VIIID MTs Al-Asror Patemon Gunung Patiâ€. Unplublished Skripsi. Semarang: Unnes.