Penggunaan My Pop Up Book Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan berupa penggunaan My Pop Up Book. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan analisis data yang digunakan adalah analisis kovarian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F hasil perhitungan lebih besar dari F tabel. Simpulan, terdapat peningkatan pada hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar Watujara kelas IV setelah diberikan perlakuan berupa penggunaan My Pop Up Book.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran, My Pop Up Book
References
zuanda, D. (2011). Perancangan Buku Cerita Anak Pop Up Tokoh-Tokoh Wayang Berseri, Seri “Gatotkacaâ€. Undergraduate Theses. Institut Teknologi Sepuluh November
Gujarati, D. (1992). Econometric Basic, 3rd Edition. Singapura: Mc GrawHill
Mulyasa, M. (2013). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya
Restian, A., & Sari, E. K. (2019). Pengembangan Media “Comic Life†untuk Gerakan Literasi Siswa Kelas III di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara (JPDN), 5(1), 159-171
Rizkiyah, F. L., & Mulyani, M. (2019). Penggunaan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Kajeksan Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. JPGSD, 7(1), 2581-2590
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Ulya, H., & Rofian, R. (2019). Pengembangan Media Story Telling Berbasis Montase Sederhana Sebagai Suplemen Bahan Ajar Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara (JPDN), 5(1), 140-149
Winarti, D., & Setiani, R. (2019). Efektivitas Media Pop Up Book pada Pembelajaran Cooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(2), 136-142