Analisis Pengaruh Jenis Kelamin, IPK, dan Pengalaman Kerja terhadap Tingkat Financial Literacy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji factor jenis kelamin, IPK, dan pengalaman kerja berpengaruh terhadap tingkat literasi keuangan di kalangan mahasiswa S1 STIE Pelita Indonesia Pekanbaru. Responden yang diteliti adalah sebanyak 98 orang mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode uji. Untuk memperoleh data yang di perlukan maka digunakan pengumpulan data berupa angket. Dalam penelitian ini, jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil uji Logistik Binier, hasil studi menunjukan bahwa faktor jenis kelamin dan IPK tidak berpengaruh terhadap tingkat literasi keuangan pada mahasiswa sedangkan faktor pengalaman kerja mempengaruhi tingkat literasi keuangan seorang mahasiswa.
Kata kunci : literasi Keuangan, Jenis Kelamin, IPK, Pengalaman Kerja
References
Anoraga, Panji. (2009). Psikologi Kerja. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Amaliyah, Riski dan Rini Setyo Witiastuti. (2015). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Literasi Keuangan di Kalangan UMKM Kota Tega. Management Analysis Journal, 4(3): 252-257.
Ariadi. (2015). Analisa Hubungan Financial Literacy dan Demografi dengan Investasi, Saving dan Konsumsi. Journal of Finsta. 3 (1): 7-12.
Chen, H and Volpe, R. P.. (2002). An Analysis of Personal Finance Literacy among College Students. Financial services review. 11(3):289-307.
Christanti, Natalia and Linda Ariany Mahastanti. (2011). Factors Considered by Investors in Investing. Journal of Theory and Applied Management. 4 (3): 37-51.
Cude, B. J. (2006). College Students dan Financial Literacy: What they know and what we need to learn. Eastern Family Economics and Resource Management Association 2006 Conference.
Ebtanastiti D. F. & Muis T. (2014). Career Choice Survey For Student Of Faculty Of Mathematics And Sciences In State University Of Surabaya. Jurnal BK. 4 (3): 1-10
Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Undip.
Gujarati, Damodar, 2003, Ekonometri Dasar. Terjemahan: Sumarno Zain, Jakarta: Erlangga.
Habshick, Marco. (2013). Survey of Financial Literacy Schemes in the EU27. Hamburg. Financial Services EVERS JUNG Research and Consulting.
Hartaji, Damar A. (2012). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. (tidak diterbitkan)
Hogan, E. A, (2012). Relationship Between College Students’ Credit Card Debt Undesirable Academic Behaviors and Cognitions, and Academic Performance. College Student Journal
Hungu. (2007). Demografi Kesehatan Indonesia. Jakarta : Penerbit Grasindo.
Huston, S.J. (2010). Measuring financial literacy. Journal of Consumer Affairs. 44(2).
Irman, M. (2018). Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Financial Literacy di Kalangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau Pekanbaru. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 1(2), 180-197. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/costing.v1i2.205
Khrisna. (2010). Analisis Tingkat Literasi Keuangan di Kalangan Mahasiswa dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Proceedings of the 4th International Conference on Theacer Education : Joint Conference UPI & UPSI. Bandung 8-10 Nopember 2010.
Maulani, Septi. (2016). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Literasi Keuangan ( Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negerio Semarang Aktif Semester Genap Tahun 2015/2016). Semarang: Unnes.
Margaretha, Farah. & Pambudhi, Reza. A., (2015). Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi.
Nababan, Darman. & Sadalia, Isfenti. (2013). Analisis Personal Financial Literacy and Financial Behavior Mahasiswa Sastra 1 Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
Nidar, S.R dan Bestari, Sandi. (2012). Personal Finance Literacy Among University Students ( Case Study at Padjajaran University Students, Bandung, Indonesia) World Journal of Social Sciences (2) 4: 162-171
Otoritas Jasa Keuagan. http://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Documents/Pages/Siaran-Pers-OJK-Indeks -Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Meningkat/17.01.23%20Tayangan%20%20Presscon%20% 20nett.compressed.pdf.
Poerwadarminta, W.J.S. (2005). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka
Nababan, Darman. & Sadalia, Isfenti. (2013). Analisis Personal Financial Literacy and Financial Behavior Mahasiswa Sastra 1 Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
Rita, Maria. R. & Ningsih, Retno. U., (2010). Financial Attitudes dan Komunikasi Keluarga Tentang Pengeluaran Uang Saku.
Robb, C. and Deanna L. Sharpe. (2009). Effect of Personal Financial Knowledge on College Student’s Credit Card Behavior. Journal of Financial Counseling and Planning. 20 (1)
Sari, Anita Dian. (2015). Financial Literacy dan Perilaku Keuangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa STIE ‘YPPI’ Rembang). Buletin Bisnis & Manajemen. 1(2): 171-189
Salam, Burhanuddin. (2004). Cara Belajar yang Sukses di Perguruan Tinggi. Jakarta : Rineka Cipta.
Shalahuddinta, Alfin. (2014). Pengaruh Pendidikan Keuangan di Keluargam Pengalaman Bekerja dan Pembelajaran di Perguruan Tinggi terhadap Literasi Keuangan. Universitas Negeri Surabaya.
Siregar, Mulya E. (2012). Wujudkan Financial Inclusion Melalui Edukasi dan Perluasan Jangkauan.
Wijayanti. (2016). Pengaruh jenis kelamin, IPK, dan Semester terhadap Financial Literacy Keuangan Mahasiswa Prodi S1 Ekonomi Pembangunan. Universitas Malang.
Widayanti, Irin. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi literasi financial mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis. Universitas Brawijaya.
Yusuf, Syamsu. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zahroh, Fatimatus. (2014). Menguji Tingkat Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan Pribadi, dan Perilaku Keuangan Pribadi Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Semester 3 dan Semester 7. Universitas Diponegoro.