Pengembangan LKPD Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) until Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Melia Sinta Universitas PGRI Silampari
  • Leo Charli Universitas PGRI Silampari
  • Andri Valen Universitas PGRI Silampari

Abstract

Peneliltian ini bertujuan untuk mengembangkan dasain produk LKPD berbasis Higher Order Thinking skill (HOTS). Menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan LKPD berbasis HOTS untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini yaitu Research and development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswai kelas V SD Negeri 61 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes . berdasarkan hasil validitas LKPD berbasis HOTS berdasarkan penilaian ahli bahasa, media dan materi menunjukan bahwa LKPD berbasis HOTS memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,78 dengan kriteria “cukup tinggi†Sedangkan dari analisis penelitian lembar angket kepraktisan guru dan siswa terhadap LKPD berbasis HOTS  memperoleh nilai sebesar 84,15% dengan kriteria “sangat praktisâ€. Pada uji lapangan N-Gain diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test  sebesar 0,74 dengan klasifikasi “tinggi†yang artinya LKPD berbasis HOTS memilliki efektifitas tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis HOTS terbukti valid, praktis dan memiliki nilai efektif dalam pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 61 Lubuklinggau.

 

Kata Kunci: Pengembangan, LKPD, Higher Order Thinking skill (HOTS).

References

Budi dharma. 2021. Statistika penelitian menggunakan SPSS. Jakarta : Guepedia.

Elfrianto & Lesmana. 2022. Metodologi penelitian pendidikan. Medan : UMSU press.

Eliza & Myori 2017. Trainer pada pembelajaran dasar dan pengukuran listrik. Jurnal Teknologi informasi & pendidikan. Vol 10 no 1 :12-22

Ernawati dkk. 2021. Workshop pendidikan matematika. Padang : Insan cendekia mandiri.

Febriandi dkk. 2019. Validitas lks matematika dengan pendekatan saintifik berbasis outdoor pada materi bangun datar. Jurnal pembelajaran dan pengajaran pendidikan dasar. Vol 2 no 2 : 148-158.

Hamzah. 2019. Metode penelitian & pengembangan. Malang : CV. Literasi Nusantara abadi.

Hidayat. F. 2021. Model Addie (Analisis, design, development, implementasion and Evaluation) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam. Vol 1 no
1 : 28 – 37.

Husna. 2018. HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. Jurnal unnes. Vol 1 no 1 : 170 – 176.

Lestari dkk. 2021. Pengembangan bahan ajar berbasis problem based learning pada siswa SD. Jurnal basicedu, vol 5 no 1 : 396-405.

Magdalena, dkk. 2021. Analisis Instrumen Tes Sebagai Alat Evaluasi Pada Mata Pelajaran Sbdp Siswa Kelas II SDN Duri Kosambi 06 Pagi. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol.3 No 2: 276-287.

Novita, dkk. 2019. Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal IJPE. Vol 3 No 2: 67-72.

Rahman, dkk. 2022. Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Jurnal Unismuh.ac.id. Vol 2 No 1 : 1-8.
Published
2023-12-31
Abstract viewed = 19 times
PDF downloaded = 11 times