Analisis Kemampuan Berhitung Cepat Melalui metode Jarimatika Siswa Kelas IV SD Negeri Mambang

  • Renni Efriyanti Universitas PGRI Silampari
  • Ahmad Gawdy Prananosa Universitas PGRI Silampari
  • Elya Rosalina Universitas PGRI Silampari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa, kemampuan siswa, dan faktor penyebab kesulitan siswa dalam berhitung menggunakan metode jarimatika di kelas IV SD Negeri Mambang. Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang meliputi; Observasi, Wawancara, Soal-soal, dan Dokumentasi, subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri Mambang. Teknik analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan siswa kelas IV di SD Negeri mambang dalam berhitung cepat menggunakan metode jarimatika pada materi bangun datar, yakni kesulitan fakta, konsep, prinsip, operasi. Kemampuan siswa berhitung cepat dalam menggunakan metode jarimatika yaitu mampu menyelesaikan soal, membuat soal dan penyelesaiannya, mampu menjelaskan cara penyelesaian soal dengan menggunakan metode jarimatika. Faktor penyebab kesulitan  siswa dalam berhitung cepat  menggunakan metode jarimatika  yaitu siswa belum lancar membaca serta kurangnya memahami kemampuan penggunaan metode jarimatika pada soal matematika, siswa kesulitan menemukan hal yang ditanya dan diketahui dalam soal, siswa jarang membaca dan memahami soal-soal terkait materi dan penggunaan metode jarimatika, siswa tidak paham dengan metode penyelesaian soal menggunakan metode jarimatika, siswa bingung menggunakan metode berhitung menggunakan jarimatika, siswa tidak teliti dalam melakukan perhitungan menggunakan metode jarimatika, siswa belum menguasai operasi perkalian menggunakan metode jarimatika.   Kata Kunci: Analisis, kemampuan berhitung cepat melalui metode jarimatika.

 

Referensi

Aritonang, L. A., & Elshap, D. S. 2019. Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia Dini dengan Menggunakan Metode Jarimatika. Jurnal Ceria. p-ISSN: 2614-6347, e-ISSN: 2714-4107.Vol.2.No.6.363-369.

Afriani, D., Fardila, A., Septian, G. D. 2019. Penggunaan Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian pada Siswa Sekolah Dasar.Jurnal of Elementary Education. e-ISSN: 2614-4093, p-ISSN: 2614-4085. Vol.2.No.5.192-193.

Arifin, M. F. (2020)Kesulitan Belajar Siswa dan Penanganannya pada Pembekajaran Matematika Sd/Mi. Jurnal Inovasi Penelitian, 1 (5), 989-1000.

Chotimah, Chusnul. (2017). Analisis Kesulitan Belajar perkalian Jarimatika Siswa SDIT El-Haq Buduran Sidoarjo. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Ahdin, Nurhayati. (2021). Penerapan Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini 5-6 Tahun di RA Al-Hidayah IAIN Walisongo Semarang.

Fidayanti, M. Shodiqin, A., & Suyitno.(2020). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies.e-ISSN: 2615-7330, p-ISSN: 2615-6148. Vol.3.No.1.88-96.

Hamidah, F., Khofiyya, A.N. A., & Putri, A. F. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Jarimatika pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah dasar. Proseeding Umsurabaya.

Hidayati, E. (2015). Peningkatan Kemampuan Berhitung Perjumlahan dan Pengurangan Bilangan dengan menggunakan media garis bilangan pada Mata Pelajaran Matematika Siswa II MI Membaul Hikmah Mojokerto. (Surabaya:”UNISA),hal 16-17.

Hobri., Susanto., Saifuddin., M., Maylistiana., D. E.,, Hosnan., Cahyanti., A. E., Sahlinawati, K. A. (2018) Senang Belajar Matematik. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Himmah, K., Asmani, J. M., & Nuraini, L. (2021).Efektifitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa.Jurnal Pendidikan. e-ISSN: 2775-5789. Vol.1.No.1 Tahun 2021.57-58.

Meutia, Okta. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Bilangan Bulat Menggunakan Media Mistar Hitung pada Siswa Kelas IV SD Negeri 148/IV Kota Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi.

Purwadewi, R., Ruqoyyah, S. (2021). Kemampuan Pemahaman pada Materi Bangun Datar untuk Siswa kelas II di Sekolah Dasar Melalui metode Inkuiri Berbantu Media Kertas Lipat. Joernal Of Elementary Edducation. 4 (1), 9-15.

Payung, Z. (2017). Penerapan Jarimatika untuk Meningkatkan Kecepatan Berhitung Perkalian Bilangan Asli Siswa Kelas IV SDN 184 Inpres Ulusalu. Jurnal KIP. III (2), 563-573.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kulitatif.Jurnal Al Hadharah. IVII (33), 85-91.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: cv. Alfabeta

Setiyowati, R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Menggunakan Media Permainan Congklak pada siswa kelas II SD Negeri 182/1 Hutan Lindung.

Suparni.(2018). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian bagi Anak Sekolah Dasar.Jurnal Logaritma. VI (2), 45-62.

Salsinha, N.C, Binsasie, & Ahzan, N.Z. (2018). Teknik Berhitung Cepat di Sekolah Dasar Negeri Sasi Kefamenanu Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat, II (1) 19.

Sulistyaningsih, N. (2018). Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika dengan Strategi Pembelajaran.Jurnal Pendidikan: Riset & konseptual, 2(1), 57-63.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: cv. Alfabeta
Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jupendas. 2 (2), 1-10.
Diterbitkan
2023-12-31
Abstrak viewed = 12 times
PDF (English) downloaded = 10 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 3 > >>