Pengaruh Media Audiovisual pada Pemahaman Mitigasi Bencana Longsor Peserta Didik Disabilitas

  • Partiwi Ngayuningtyas Adi UNIVERSITAS PGRI ARGOPURO JEMBER
  • Dewi Malasari UNIVERSITAS PGRI ARGOPURO JEMBER
  • Dedy Ariyanto
Keywords: media audio visual, mitigasi bencana, peserta didik disabilitas

Abstract

Penggunaan media audio visual dirasa cocok untuk peserta didik disabilitas di PKBM Rumpun Aksara yang mayoritas usia dewasa dimana pembelajaran yang efektif bagi mereka adalah menggunakan pengertian yang jelas. Dengan bantuan media audio visual dalam menyampaikan materi mitigasi bencana longsor melalui tulisan, suara dan unsur gambar/ ilustrasi akan memperjelas materi yang ingin disampaikan. Penelitian ini mengangkat rumusan masalah adakah pengaruh media audio visual pada pemahaman bencana longsor peserta didik disabilitas di PKBM Rumpun Aksara? Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kuantitatif one group pre test post test design. Populasi yang diteliti berjumlah 10 orang. Data diolah memakai uji normalitas shapiro wilk dan uji analisis paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui jika t hitung 3,498 . t tabel berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini dapat berarti bahwa ada pengaruh media audio visual terhadap pemahaman mitigasi bencana longsor peserta didik disabilitas di PKBM Rumpun Aksara sebesar -11.000 sesuai dengan hasil analisis yang sudah dilakukan. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat/ ada pengaruh yang signifikan dari media audio visual pada pemahaman mitigasi bencana longsor peserta disabilitas di PKBM Rumpun Aksara sebesar -11.000

References

BNPB. (2022). mitigasi bencana tanah longsor. Diambil kembali dari BNPB.go.id.

Faridah Nurul Hakim, D. F.-G. (2021). Optimalisasi Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Menurunkan Angka Putus Sekolah di Kelurahan Kopo. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

Gege Agus, d. (2022). Edukasi Media Audio Visual Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi.

Kadarisman, D. H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Tunadaksa di SMPLB YPAC Surabaya.

kemendikbud. (t.thn.). Kurikulum merdeka. Diambil kembali dari kemendikbud go.id.

Komang Ary Trisnadewi, D. I. (2014). Penerapan Pembelajaran Inkuri Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD NO. 3 Tibuneneng, Kuta Utara, Bandung. Ejournal Undiksha.

Oktarina Albizzia, Y. S. (2022). Pemberdayaan Difabel Siaga Bencana (Difagana) Dalam Sistem Manajemen Bencana Inklusif di Daerah Istimewa . IMEJ: Islamic Management and Empowerment Journal, 5.

PB), P. H. (2007). Pengenalan Karakteristik Bencana dan Upaya Mitigasinya Di Indonesia. Jakarta: Direktorat Mitigasi.

Riskawati. (2020). Problemattika Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Seni Budaya di Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar.

Soleh, A. (2015). Islam dan Penyandang Disabilitas : Telaah Hak dan Aksebilitas Penyandang Disabilitas Dalam Sistem Pendidikan di Indonesia.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijanto. (2012). Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Bumi Aksara.

Tahan Suci Windasari, H. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jpd: Jurnal Pendidikan Dasar, 4.
Published
2024-07-20
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times