Pengaruh Video Pembelajaran Digital Marketing terhadap Pemahaman Berwirausaha Bagi Warga Belajar Disabilitas Daksa di PKBM Rumpun Aksara

  • Redita Berliana Ramadhani Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Partiwi Ngayuningtyas Adi Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Dedy Ariyanto Universitas PGRI Argopuro Jember

Abstract

Penggunaan video pembelajaran digital marketing yang dikembangkan dalam program vokasi kewirausahaan menjadi solusi bagi warga belajar disabilitas daksa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi digital marketing dikarenakan metode pembelajaran yang monoton. Sehubungan dengan penelitian yang dilaksanakan, rumusan masalah yang diusulkan yakni apakah ada pengaruh video pembelajaran digital marketing terhadap pemahaman berwirausaha bagi warga belajar disabilitas daksa di PKBM Rumpun Aksara?. Penelitian ini mempunyai tujuan demi mengetahui pengaruh video pembelajaran digital marketing terhadap pemahaman berwirausaha bagi warga belajar disabilitas daksa di PKBM Rumpun Aksara. Metode penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian one group pre-test post-test (pre-experimental design). Populasi penelitian sejumlah 10 orang. Data dikumpulkan dengan tes yang diberikan melalui google form. Tes diberikan dalam bentuk pilihan ganda yang berisi materi tentang digital marketing. Teknik pengolahan data mempergunakan uji normalitas sapiro wilk dan uji t dua sampel berpasangan atau paired sample t test. Merujuk hasil analisis data menggunakan paired sample t test tampak bahwa t hitung  ≥ t tabel, maka  Ho mengalami penolakan dan H1 mengalami penerimaan. Untuk itu bisa disimpulkan yakni ditemukan pengaruh video pembelajaran digital marketing terhadap pemahaman berwirausaha bagi warga belajar disabilitas daksa di PKBM Rumpun Aksara. Pengaruh yang diberikan dapat dilihat dari nilai mean pada tabel analisis paired sample t test sebesar

Kata Kunci :   Vidio Pembelajaran, Digital  Marketing, Warga Belajar Disabilitas Daksa

Penggunaan video pembelajaran digital marketing yang dikembangkan dalam program vokasi kewirausahaan menjadi solusi bagi warga belajar disabilitas daksa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi digital marketing dikarenakan metode pembelajaran yang monoton. Sehubungan dengan penelitian yang dilaksanakan, rumusan masalah yang diusulkan yakni apakah ada pengaruh video pembelajaran digital marketing terhadap pemahaman berwirausaha bagi warga belajar disabilitas daksa di PKBM Rumpun Aksara?. Penelitian ini mempunyai tujuan demi mengetahui pengaruh video pembelajaran digital marketing terhadap pemahaman berwirausaha bagi warga belajar disabilitas daksa di PKBM Rumpun Aksara. Metode penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian one group pre-test post-test (pre-experimental design). Populasi penelitian sejumlah 10 orang. Data dikumpulkan dengan tes yang diberikan melalui google form. Tes diberikan dalam bentuk pilihan ganda yang berisi materi tentang digital marketing. Teknik pengolahan data mempergunakan uji normalitas sapiro wilk dan uji t dua sampel berpasangan atau paired sample t test. Merujuk hasil analisis data menggunakan paired sample t test tampak bahwa t hitung  ≥ t tabel, maka  Ho mengalami penolakan dan H1 mengalami penerimaan. Untuk itu bisa disimpulkan yakni ditemukan pengaruh video pembelajaran digital marketing terhadap pemahaman berwirausaha bagi warga belajar disabilitas daksa di PKBM Rumpun Aksara. Pengaruh yang diberikan dapat dilihat dari nilai mean pada tabel analisis paired sample t test sebesar

Kata Kunci :   Vidio Pembelajaran, Digital  Marketing, Warga Belajar Disabilitas Daksa

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Cheppy, R. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Efendi, M. (2008). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara. Retrieved 11 30, 2023, from https://www.kajianpustaka.com/2020/07/tunadaksa.html?m=1.

Kamil, M. (2009). Pendidikan Nonformal. Bandung: Alfabeta.

Karyana, A., & Widati, S. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunadaksa. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Maksum. (2018). Metodologi Penelitian. Jawa Barat: CV Jejak.

Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2013). Creative Digital Marketing. Elex Media Komputindo.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Struggles, H. d. (2009). The Adoption of Digital Marketing in Financial Services Under Crisis.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2008). Desain Pembelajaran Kewirausahaan . Bandung: Alfabeta.

Tria, A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan, Sikap,dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha.

Wina, S. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Published
2024-04-16
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times