Penggunaan Teknik Pembelajaran Kooperatif Tipe Partisipatif terhadap Keterampilan Menulis Teks Esai

  • Sri Mures Walef STKIP Yayasan Abdi Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik pembelajaran kooperatif tipe partisipatif terhadap keterampilan menulis teks esai.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksprimen.Teknik penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling.Instrument penelitian yang digunakan tes unjuk kerja. Data dianalisis dengan uji ‘t’ dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Analisis data menunjukkan bahwa, model pembelejaran kooperatif tipe partisipatif berpengaruh dalam pembelajaran menulis esai. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan nilai siswa, yang mana pada waktu prates nilai rata-rata/mean (X) adalah 74,4. Setelah diterapkan model pembelajaran teknik kooperatif tipe partisipatif dalam proses pembelajaran pada waktu pascates dengan nilai ratarata/mean (X) adalah 81,72. Hal ini dilihat dari hasil perbandingan thitung dengan ttabel (2,531 > 2,021), karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ha (hipotesis alternatif) diterima. Simpulan hasil pembelajaran siswa kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran teknik koopertaif tipe partisipatif lebih baik dibanding hasil pembelajaran siswakelas kontrol yang diajarkan menggunakan metode konvensional.

 

Kata kunci: Menulis teks esai, Teknik pembelajaran kooperatif tipe partisipatif

References

DAFTAR PUSTAKA
Anggraini, A. E., & Solihatulmilah, E. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Esai Bahasa Indonesia Melalui Strategi Pemodelan. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 3(2), 2020.
https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd

Annisa, N. (2020). Model Kooperatif Tipe Round Table pada Kemempuan Menulis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1451–1459.

Elian, A. F., & Ilyas, I. (2020). Pelaksanaan Metode Pembelajaran Partisipatif Pada Kursus Mahacoustic Music Management Di Kota Semarang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 111. https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.111-120.2020

Erika, N., & Budiyono, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menulis Esai Siswa Kelas Xiisman Tt Has Jambi. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 1–6. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1379

Mustyka, O. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Esai Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079.

Nofiyanti, N., Sukmawati, S., & Zenab, A. S. (2018). Penerapan Strategi Permainan Catalisting yang Berorientasi pada Kecerdasan Linguistik (PC-KL) dalam Pembelajaran Menulis Esai. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 24. https://doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.733

Oktoma, E. (2018). Strategi Menulis Yang Digunakan Oleh Mahasiswa Dalam Esai Argumentatif Erwin. Jurnal Uniku, 12, 39–52. https://journal.uniku.ac.id/index.php/FON/article/view/1520/1105

Sriyanto, S. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Dengan Menggunakan Metode Complete Sentence. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 70–79. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.193

Susilo, A., Sarkowi, Rilau, Nisas Y. R., Soli, A., & Septalia, Y. (2021). pendampingan menulis esai sejarah bagi kelompok musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) sejarah SMA di kota Lubuklinggau. Jurnal Abdidas, 2(3), 652–661.

Trismanto. (2017). Keterampilan Menulis dan Permasalahannya. Bangun Rekaprima, 03(9), 62–67.

Rosyidatul, U., Mustofa, M., & Selirowangi, N. B. (2016). Pembelajaran Menulis Esai Dengan Pendekatan Kontekstual Dan Media Video Di Kelas XI SMA Darul ‘Ulum Sugio. Humanis, 4(1), 1–23.

Widayati, S., Mahendra, Y., & Rohmani, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together: Upaya Meningkatan Keterampilan Menulis Esai Mahasiswa. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 275–286. https://doi.org/10.32528/bb.v6i2.5999
Published
2022-06-12
How to Cite
Walef, S. (2022). Penggunaan Teknik Pembelajaran Kooperatif Tipe Partisipatif terhadap Keterampilan Menulis Teks Esai. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 5(2), 197-207. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/kibasp.v5i2.3721
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times