Model Pembelajaran Cooperative Teams Games Tournament terhadap Keterampilan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan

  • Sri Mures Walef STKIP Yayasan Abdi Pendidikan
  • Ifna Nifriza STKIP Yayasan Abdi Pendidikan
  • Fadilla Taslim STKIP Yayasan Abdi Pendidikan
  • Agnesia Ningrum STKIP Yayasan Abdi Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative teams games tournament terhadap keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Mungka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Jumlah populasi 106 siswa, penarikan sampel menggunakan purposive sampel sampling, dengan jumlah sampel 50 siswa yang tersebar dari kelas eksperimen 25 siswa dan kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes unjuk kerja dengan indikator penilaian sistematika surat lamaran pekerjaan dan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil uji t (t-test) dalam kelas eksperimen membuktikan t-hitung dengan t-tabel (4,201>2,064), karena thitung lebih besar dari t-tabel maka H1 (hipotesis alternatif) diterima. Selanjutnya hasil uji t (t-test) dalam kelas kontrol membuktikan t-hitung dengan t-table (2,270>2,064), karena thitung lebih besar dari maka H1 (hipotesis alternatif) diterima. Hasil uji t (t-test) hasil perbandingan t-hitung dengan t-tabel (2,706>2,021), karena t-hitung lebih besar dari t-tabel maka H1 (hipotesis alternatif) diterima. Simpulan, keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan berpengaruh kuat dengan menggunakan model pembelajaran cooperative teams games tournament.

 

Kata Kunci: Model Cooperative Teams Games Tournament, Surat Lamaran Pekerjaan

 

References

Andra, V. (2019). Korelasi Antara Kemampuan Membaca Kritis Dengan Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas VII a SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 77. https://doi.org/10.29300/disastra.v1i1.1904

Anggraeni, N. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Ludo Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa ( Studi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 1 Lemahabang Cirebon ). 01(01), 165–178.

Hidayati, R., Quthny, A. Y.A., & Ahnaf, F. H. (2017). Pengaruh Strategi Ekspositori Terhadap Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Untuk Siswa Kelas XII MA Miftahul Ulum. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 2918–2930.

Ibrahim, H. & Soleh. (2021). Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMPN 2 Mekarbaru Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Bahasa Indonesia, 10(2). http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm%0APENGARUH

Listyarini, D. W., As’ari, A. R., & Furaidah. (2018). Pengaruh Model Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Halma terhadap Minat dan Hasil Belajar pada Materi Bunyi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(5), 538–543. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ article/view/10930/5283

Maladjim, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII Taksifi 1 MTs. Negeri 1 Manado. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(1), 35. https://doi.org/10.30984/jii.v12i1.888

Melindawati, S. (2021). Pengaruh Penggunaan model Teams Games Tournament ( TGT ) terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar The Influence of Using the Teams Games Tournament ( TGT ) model on Social Studies Learning Outcomes in Elementary Schools. 5(1), 55–67.

Najamudin, N., & Sukarismanti, S. (2020). Analisis Kemampuan”Menulis Surat” Lamaran Pekerjaan”Pada Siswa Kelas XII Madrasah Aliya Imam Ufairah Diha, Kecematan Belo Kabipaten Bima Tahun Pelajaran 2020/2021. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i4.1528

Ndepol, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share pada Siswa Kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Pancur Batu. EDUNET: The Journal of Humanities and Applied Education, 1(2), 18–24. https://doi.org/10.57251/sin.v1i2.306

Nariyah, A., Arifin, M., & Ariesta, R. (2021). Kemampuan Menulis Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Iklan Siswa Kelas Xii Smk Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 35–44. https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.13414

Ngestiningsih, T. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share: Studi Kasus pada Siswa Kelas XII Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK Negeri 2 Kota Depok Tahun Ajaran 2019-2020. Journal of Basic Educational Studies, 2(1), 1–13.

Puspitasari, A. C. D. D., Rahmayanti, V., & Riko, R. (2018). Pelatihan Penulisan Surat Lamaran Kerja pada Remaja Rt 008 dan Remaja Rt 010 Rw 02 Kelurahan Susukan Kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(03), 212. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i03.2546

Putri, P. O. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Intersections, 4(2), 8–16. https://doi.org/10.47200/intersections.v4i2.496

Sari, N. P., Della, S., & Agustina, F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Group Tournament (Tgt) Dengan Menggunakan Media Teka-Teki Silang (Tts) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ipa Sma Muhammadiyah Batam. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.31849/bl.v9i1.9407

Utami, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Minat Belajar Geografi Siswa SMA. Jurnal Swarnabhumi, 3(2), 81–88.

Widayana, I. W. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pmkr Siswa Smk. Jurnal IKA Undiksha, 19(1), 11–21. https://doi.org/10.23887/ika.v19i1.31731
Published
2022-12-20
Abstract viewed = 86 times
pdf downloaded = 85 times