Kreativitas dan Eksplorasi Diri melalui Penulisan Essai Buddhis

  • Husin Taslim Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga
  • Partono Nyanasuryana Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga
  • Kabri Kabri Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga

Abstract

Penulisan essai dalam tradisi Buddhis tidak hanya menjadi bentuk ekspresi diri, tetapi juga menjadi wahana mendalam untuk eksplorasi diri dan pengembangan pemahaman filosofis serta spiritual. Melalui pendekatan penelitian sistematik berbasis literatur, artikel ini menyajikan serangkaian karya yang secara menyeluruh mengeksplorasi konsep-konsep Buddhis melalui berbagai medium, termasuk sastra, filsafat, dan praktik meditasi. Metode Systematic Literature Review digunakan dengan cermat untuk memastikan pemilihan artikel yang tidak hanya relevan tetapi juga memiliki kualitas yang tinggi. Hasil-hasil penelitian menyoroti kontribusi yang signifikan terhadap pemahaman eksistensi diri, transformasi pribadi, dan nilai-nilai dalam konteks Buddhisme. Integrasi konsep-konsep seperti kesadaran penuh, anicca, karuna, dan meditasi aktif dalam proses kreatif menawarkan pandangan yang unik terhadap eksplorasi diri melalui penulisan essai Buddhis. Dengan demikian, artikel ini menggambarkan bahwa penulisan essai dalam kerangka Buddhisme bukan hanya sekadar bentuk tulisan, melainkan merupakan perjalanan mendalam menuju pemahaman diri dan perkembangan spiritual yang lebih tinggi.

 

Kata Kunci: Eksplorasi Diri, Konsep Buddhis, Kreativitas, Penulisan Essai Buddhis

References

Anālayo, B. (2022a). Situating Mindfulness, Part 2: Early Buddhist Soteriology. Mindfulness, 13(4). https://doi.org/10.1007/s12671-021-01680-y

Anālayo, B. (2022b). Situating Mindfulness, Part 3: Unmasking Buddhism? Mindfulness, 13(5). https://doi.org/10.1007/s12671-021-01765-8

Bhattacharjee, M. (2022). Embracing the Paradox: A Bodhisattva Path. Religions, 13(1). https://doi.org/10.3390/rel13010067

Duerlinger, J. (2022). Indian Buddhist studies on non-Buddhist theories of a self: the studies of Śāntarakṣita and Kamalaśīla on the Nyāya-Vaiśeṣika, Mīmāṃsā, Sāṃkhya, Jain, Vedānta and Vātsīputrīya theories of a self.

Fiordalis, D. V. (2021). One or None? Truth and Self-Transformation for Śaṅkara and Kamalaśīla. Religions, 12(12), 1043.

Fiorella, K. (2023). Thinking in a marrow Bone: Embodiment in Vajrayana Buddhism and Psychoanalysis. Journal of the American Psychoanalytic Association, 71(2). https://doi.org/10.1177/00030651231174237

Jones, L. E. (2017). The jewel in the heart of the lotus: bringing Buddhist wisdom and compassion to psychotherapy. Victoria University.

Knauft, B. M. (2019). Self-possessed and Self-governed: Transcendent Spirituality in Tibetan Tantric Buddhism. Ethnos, 84(4). https://doi.org/10.1080/00141844.2017.1313289

Kumari, A., Behura, A. K., & Kumar, A. (2023). Ego: An Epistemological Analysis of Self-Centric Consciousness
Through Cultural Perspectives and Spiritual/Theological Dimensions in Hinduism and Buddhism. Pharos Journal of Theology, 104(4). https://doi.org/10.46222/pharosjot.104.422

Oh, W. (2022). Understanding of self: Buddhism and psychoanalysis. Journal of Religion and Health, 61(6), 4696–4707.

Patel, H. M. (2023). Gautama buddha’s philosophy of educational values. International Journal of Multidiciplinary Educational Research, 12(6), 60-65.

Prasetyo, E., Kabri, K., Sukisno, S., & Kumari, W. (2022). Pertautan sikap yudhistira pada lakon wahyu darma dengan agama buddha (sebuah analisis hermeneutika). Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK), 4(2), 47-57.

Singh, B., & Dave, N. (2023). To compare the concept of hatha yoga according to patanjali yoga sutra and vasishtha samhita. VIDYA - A Journal Of Gujarat University, 2(1). https://doi.org/10.47413/vidya.v2i1.168

Siswanto, D., Nyanasuryanadi, Pertono., & Prasetyo, E. (2023). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Predisposisi Mengikuti Pembelajaran Agama Buddha Siswa Kelas Xii Sma Negeri 1 Donorojo, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 676-680.

Sørensen, H. H. (n.d.). Bodhidharma, meditation, and medicine: on the message of a fragmented Buddhist medical text from Dunhuang.

Sullivan, S. L. (2022). Mistaken Compassion: Tibetan Buddhist Perspectives on Neuroethics. AJOB Neuroscience, 13(4). https://doi.org/10.1080/21507740.2021.1939460

Stol, A. B., Zaripov, A. Y., Bondarenko, V. N., Bondarenko, A. V, & Salihov, G. G. (2018). Features of Buddhist Methodology of Human Self-knowledge. 2018 2nd International Conference on Education Innovation and Social Science (ICEISS 2018), 6–8.

Surono, Y., Utomo, B., & Muslianty, D. (2023). Minat Membaca dalam Upaya Meningkatkan Perilaku Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti. Journal on Education, 6(1), 8134-8148

Titlin, L. I. (2014). The Concept of Pugdala in the Buddhist School of Pudgalavāda: the Problem of Interpretation and the Evolution of the Conception. Вестник Российского Университета Дружбы Народов. Серия: Философия, 1, 105–111.

Wheeler, K. R. (2023). Soundtrack to a Movement: African American Islam, Jazz, and Black Internationalism by Richard Brent Turner. American Religion, 4(2), 144–146.
Published
2024-06-30
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times