Media Pembelajaran Fisika Berbasis Powtoon dengan Pendekatan Kontekstual untuk Mengukur Kepraktisan dan Keefektifan Siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Tugumulyo

  • Endang Lovisia Universitas PGRI Silampari
  • Firdaus Firdaus Universitas PGRI Silampari
  • Ahmad Amin Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih dibawah KKM yaitu 65, dari rata-rata nilai UTS siswa pada mata pelajaran fisika semester ganjil tahun 2021 kelas X IPA 1 SMA Muhammadiyah 2 Tugumulyo sebanyak 18 siswa hanya 1 siswa saja yang tuntas KKM dengan persentase 5,55% dan 17 lainnya masih dibawah nilai KKM dengan persentase 94,44%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisika menggunakan aplikasi Powtoon pada materi impuls dan momentum yang mampu meningkatkan hasil belajar dan respon siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Penyebaran (Disseminate). Pada tahap Pengembangan (Development) terdapat uji keefektifan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dilakukan terhadap 16 siswa kelas X IPA 1 SMA Muhammadiyah 2 Tugumulyo serta pembagian angket respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Penilaian hasil belajar siswa signifikan tuntas dengan persentase 70,68 % dengan kategori efektif serta hasil analisis respon siswa sebesar 73,56 menunjukkan kategori praktis. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dikategorikan praktis dan efektif sehingga media yang dihasilkan dapat digunakan dalam pembelajaran.

 

 

Kata kunci: Kepraktisan, Keefektifan, Pengembangan, Powtoon.

References

Amanda, Niken, Fine Reffiane, and Prasena Arisyanto. 2019. “Pengembangan Media Budel (Buku Berjendela) Pada Tema Keluargaku.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 3(2): 97.

Friantini, Rizki Nurhana, and Rahmat WInata. 2021. “Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 4: 70–75. https://core.ac.uk/download/pdf/326447327.pdf.

Indriani, Ari. 2017. “Desain Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Statistik Matematika.” Aksioma 8(1): 98.

Ngalimun. 2014. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Nunuk, and Leo Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Thesarah, Ravena Hardyanti, Lambang Subagiyo, and Riskan Qadar. 2021. “Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Audio-Visual Dengan Aplikasi Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Impuls Dan Momentum Di SMK Negeri 6 Samarinda.” Jurnal Kajian Pendidikan IPA 1(1): 31.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Widoyoko, Eko Putro. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2023-06-30
Abstract viewed = 54 times
PDF downloaded = 57 times