Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Subjek peneilitian ini sebanyak 40 peserta didik kelas XI IPA 1 MAN 1 (Model) Lubuklinggau. Penelitian dilakukan sebanyak 2 kali Pertemuan, materi ajar pada penelitian ini adalah gelombang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, soal pretest-posttest dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI, hal ini berdasarkan perhitungan nilai gain dengan hasil sebesar 0,50 yang menunjukkan peningkatan hasil belajar berada pada kategori sedang.
References
Hasrudidin. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Masyarakat Pluralistik. Publica Indonesia.
Lestari. (2023). Model Pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka di Era Society 5,0. IKAPI.
Lutfi. (2020). Metodologi Pembelajaran Strategi, Pendekatan, Model, Metode, dan Pembelajaran. IRDH.
Setiawan. (2023). Belajar dan Pembelajaran. Uwais.
Sugiarto. (2021). Mendongkrak hasil belajar matematika menggunakan pbl berbantuan gca. Penerbit Yayasan Lembaga Gumun Indonesia.
Syamsinar. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) 4C. Ruang Tentor.
Triana, J. et all. (2023). Inovasi media raih sukses mengajar. Cahya Ghani Reserved.
Copyright (c) 2024 Nira Maulia Seffi, Wahyu Arini, Endang Lovisia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.