Analisis Produktivitas Dalam Pembuatan Triplek di PT. Asia Forestama Raya Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX)

  • Iwahyu Irawan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ismu Kusumanto Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Misra Hartati Universitas Islam Riau Sultan Syarif Kasim Riau
  • Harpito Harpito Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Suherman Suherman Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nazaruddin Nazaruddin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Abstract

PT. Asia Forestama Raya merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan triplek. Namun, dalam proses produksi terdapat masalah yaitu jumlah produk cacat yang tidak bisa digunakan kembali masih memiliki nilai yang besar, sehingga perusahaan mengalami kerugian untuk produk yang terbuang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur produktivitas dalam pembuatan triplek di PT. Asia Forestama Raya dengan menggunakan metode Objective Matrix (OMAX). Data yang digunakan diambil selama 5 bulan mulai dari Januari sampai dengan Mei 2022.  Hasil pengukuran produktivitas menggunakan metode OMAX selama lima bulan tersebut tidak stabil, karena grafiknya naik turun. Setelah didapat nilai produktivitas, dilakukan evaluasi dan analisis dengan menggunakan fishbone diagram, dimana terdapat tiga faktor kriteria yang perlu di evaluasi, yaitu produk rusak, pembororosan listrik, dan absensi karyawan

References

Agustina, F., & Riana, N. A. (2011). Analisis Produktivitas dengan Metode Objective Matrix (OMAX) di PT. X. Jurnal Teknik dan Manajemen Industri, 6(2), 150-158.
Avianda, D., Yunita, Y., & Yuniar. (2014). Strategi Peningkatan Produktivitas di Lantai Produksi Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX). Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 1(4), 202-213.
Balkan, D. (2010). Enterprise Productivity Measurement in Services by OMAX (Objectives Matrix) Method and An Application with Turkish Emergency Services. Reser Conference, 1(1), 1-13.
Beatrix, M. E., & Dewi, A. A. (2020). Analisa Produktivitas dengan Menggunakan Model Pengukuran The American Productivity Center (APC) pada Produk Alumunium Sheet dan Alumunium Foil. Jurnal Penelitian dan Aplikasi Sistem & Teknik Industri, 8(2), 154-166.
Effendy, H., Machmoed, B. R., & Rasyid, A. (2021). Pengukuran dan Analisis Produktivitas Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX)(Studi Kasus: di PDAM Kabupaten Gorontalo). Jambura Industrial Review (JIREV), 1(1), 40-47.
Felix, G. H., & Riggs, J. L. (1983). Productivity measurement by objectives. National Productivity Review, 2(4), 386-393.
Manullang, M. M. (2020). Analisis Pengukuran Produktivitas dengan Menggunakan Metode Mundel dan APC di PT X. Jurnal Optimasi Teknik Industri (JOTI), 2(1), 1-6.
Mas' ud, M. I. (2022, March). Pengukuran Produktivitas dengan Pendekatan Rasio Output Input di UD. X. In Prosiding SENASTITAN: Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan (Vol. 2, pp. 305-310).
Muchdarsyah Sinungan, D. (2014). Produktivitas Apa dan Bagaimana. Bumi Aksara. Jakarta.
Saputri, O. B., Huda, N., & Hannase, M. (2022). Analisis Rencana Elektronifikasi Keuangan Daerah dalam Memperluas Kontribusi Zakat dengan Pendekatan Fishbone Diagram Analysis. AL-MUZARA'AH, 10(1), 1-17.
Setiowati, R. (2017). Analisis Pengukuran Produktivitas Departemen Produksi dengan Metode Objective Matrix (OMAX) pada CV. Jaya Mandiri. Jurnal Faktor Exacta, 10(3), 199-209.
Suparno, S., & Hamidah, N. (2019). Analisis Pengukuran Produktivitas Menggunakan Metode Marvin E. Mundel. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 8(2), 121-131.
Tamalika, T., Maryadi, D., Hermanto, M. Z., Fuad, I. S., & Alamsyah, M. N. (2022, June). Analisis Penjadwalan Ulang Proyek Power House pada Rumah Sakit dengan Metoda PERT, CPM dan Fishbone Diagram (Studi Kasus Pada Kontraktor Di Kota Palembang). In Prosiding Seminar Nasional Mercu Buana Conference on Industrial Engineering (Vol. 4, pp. 164-172).
Tobing, B. (2018). Buku Panduan Seven Basic Tools. Medan: PT. Medan Sugar Industry.
Published
2023-05-30
Abstract viewed = 158 times
PDF downloaded = 181 times