Pengaruh Literasi Budaya Berbasis Kearifan Lokal pada Pendidikan Anak Sekolah Dasar

  • Citra Raflesia Universitas PGRI Silampari
  • Tidi Maharani Universitas PGRI Silampari
Keywords: Pengaruh, literasi budaya, kearifan lokal

Abstract

Literasi budaya merupakan kemampuan dalam memahami dan bersikap terhadap kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa. Tujuan penulisan artikel adalah untuk mengetahui pengaruh literasi budaya berbasis kearifan lokal pada pendidikan anak sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan  kajian literatur dengan mereview beberapa artikel yang berkaitan tentang literasi budaya berbasis kearifan lokal khususnya disekolah dasar. Kajian tersebut ditemukan bahwa ada tiga hal terkait pentingnya literasi budaya berbasis kearifan lokal di sekolah dasar adalah 1) melestarikan tradisi daerah yang ada agar tidak dimakan zaman 2) dapat menumbuhkembangkan kemampuan berliterasi 3) menerapkan nilai nilai budaya yang sudah tertanam sebelumnya. Dari hasil kajian tersebut dapat di disimpulkan bahwa literasi budaya berbasis kerifan lokal sangatlah perngaruh untuk diterapkan pada pendidikan anak sekolah dasar (SD) sebagai Gerakan Cinta Bahasa Indonesia (GCBI) untuk memupuk rasa cinta akan budaya Indonesia dan tetap mengutamakan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Literasi budaya berbasis kearifan lokal di Pendidikan Sekolah Dasar perlu untuk di lakukan penelitian lebih lanjut.

Kata kunci: Pengaruh, literasi budaya, kearifan lokal

 

References

Aprinta, Gita. Fungsi Media Online sebagai Media Literasi Budaya bagi Generasi Muda. The Messenger, Vol. 5, No. 1, 2013.

Auziņa, Anita. Teacher Competences for Facing Challenges of Globalisation in Education. Journal of Education Culture and Society, Vol. 2, No. 2,

Depdikbud. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hirsch, E. D. Cultural Literacy: What Every American Needs to Know. Boston: Houghton Mifflin, 1987.2018. doi:10.15503/jecs20182.24.37.

Keraf, A.S. 2002. Etika Lingkungan. Kompas. Jakarta. 322 hal.

Literasi Budaya di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, Vol. 27, No. 1, 2018. hlm.1–9. doi:10.17977/um009v27i12018p001.

Punaji Setyosari. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta:Kencana Prenadamedia Group.

Soekanto, Soerjono. 1986. Pengantar Penelitian Sosial. Jakarta: UI Press.

Soerjono Soekanto. 1991. Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Taneko, soleman B, 1986. Konsepsi System Sosial dan System Sosial Indonesia. Jakarta: Fajar Agung.

Triyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ombak.

WEF (World Economic Forum). New Vision for Education: Unlocking the Potential of Technology. Davos: WEF dan The Boston Consulting Group, 2015.
Published
2023-10-10
Abstract viewed = 55 times
PDF downloaded = 37 times

Most read articles by the same author(s)