Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 12 Lubuklinggau

  • Putri Fatriciadewi Universitas PGRI Silampari
  • Aren Frima Universitas PGRI Silampari
  • Armi Yuneti Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis scientific. Menguji kevalidan, kepraktisan, dan efek potensial lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis scientific dalam pembelajaran IPS SD Negeri 12 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini yaitu research and development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 12 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. berdasarkan hasil validitas lembar kerja peserta didik berbasis scientific berdasarkan penilaian ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media menunjukan bahwa LKPD berbasis scientific memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,87. Sedangkan analisis penilaian lembar kepraktisan pendidik dan peserta didik diperoleh bahwa LKPD berbasis scientific memenuhi kriteria praktis dengan skor 92,25%. Pada uji lapangan diperoleh efek potensial sebesar 89% dengan klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis scientific terbukti valid, praktis dan memiliki efek potensial dalam pembelajaran IPS SD Negeri 12 Lubuklinggau.

 

Kata kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Scientiific, IPS.    

References

Abubakar. 2021. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Febriandi, dkk. 2019. Validitas LKS Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor Pada Materi Bangun Datar. JP3D (Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar), 2(2), 148-158.

Hamzah. 2019. Metode Penelitian Dan Pengembangan ( Riset And Development). Batu: Literasi Nusantara.

Helaluddin, Dkk. 2020. Penelitian Dan Pengembangan Sebuah Tinjauan Teori Dan Praktik Dalam Bidang Pendidikan. Banten: Media Madani.

Hikmawati. 2020. Metodologi Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Lestari dkk. 2021. Pengembangan bahan ajar berbasis problem based learning pada siswa SD. Jurnal basicedu, vol 5 no 1 : 396-405.

Novita, dkk. 2019. Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal IJPE. Vol 3 No 2: 67-72.

Rahman & Nasryah. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Published
2023-11-22
Abstract viewed = 11 times
PDF downloaded = 10 times