Keterampilan Membaca Kritis dengan Metode SQ3R Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melalui E-Learning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca kritis genre teks faktual melalui E-Learning mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bung Hatta angkatan 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bung Hatta Padang angkatan 2022/2023. Instrumen penelitan dengan melakukan wawancara, observasi dan tugas. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, mahasiswa dalam membuat pertanyaan dan menjawab pertanyaan sudah lebih banyak ke arah C2 sampai C5 dengan nilai rata-rata 8,43. Kedua, mahasiswa dalam menganalisis watak tokoh Sir Isaac Newton dalam membaca kritis sudah jelas dan tepat dengan nilai rata-rata 8,07. Ketiga, mahasiswa membuat kesimpulan berdasarkan teks faktual masih belum tepat dengan nilai rata-rata 7,78. Keempat mahasiswa belum mampu menemukan keunikan tokoh Sir Isaac Newton dengan baik, nilai rata-rata 7,69. Dengan demikian, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP angkatan 2022/2023 sudah mampu membaca kritis teks faktual menggunakan metode SQ3R dengan nilai rata-rata 7,96 dengan kategori lebih dari cukup.
Kata Kunci: Membaca, Membaca Kritis, Metode SQ3R
References
Gusnetti. (2018). Kemampuan Membaca Kritis melalui Metode SQ3R Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universtas Bung Hatta Padang. Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Gramatika, 2(2).
Gusnetti, Agustina, Ermanto, & Zaim, M. (2021). Application of The AP4M Model In Reading The Understanding of Genre Narrative Text Through E-Learning at Pindo FKIP Bung Hatta Padang University. International Journal of Language Pedagogy, 1(1), 28-34.
Hayati, N., Atmazaki, & Abdurrahman. (2015). Hubungan Ketermpilan Membaca Krritis dengan Keterampilan Menulis Artikel Populer Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, 2(1), 38-48.
Mayerova, S. H., & Rosicka, Z. (2015). E- Learning Pros and Cons: Active Learning Culture? Procedia: Social and Behavior Sciences, 151. 958-962.
Muslikah, I., & Widati, S. (2013). Pengaruh Metode SQ3R dalam Meningkatkan Keteramppilan Membaca Intensif Siswa Tunanetra Kelas V di SLB-A YPAB Tegalsari Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus, 2(2), 1-9
Mustafa, A. (2016). The Personalization of E-Learning Systems with The Contrast of Strategic Knowladge and Learners’s Learning Preferences: An Investigatory Analysis. Iraq: Departement of Information Science University of Kurdistan Zaiho Road Dohuq Iraq.
Noh, N.Md., Isa, P.M., Samah, S. A. A., Noh, N. Md., & Isa, M.A. M. (2012). Establishing an Organizational E Learning Culture to Motivate Lecturers to Engange in E-Learning in UTM. Procedia: Social and Behavior Sciences, 67. 436-443.
Ridwan, W. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E- Learning pada Mata Kuliah Pengembangan Teknologi Pendidikan Islam. Makasar. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Makasasr.
Subadiyono. (2017). Pengembangan Buku Teks Membaca Kritis melalui Metode SQ3R. Palembang. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16(1). 57-72.
Widada, D. M. (2017). Implementasi Strategis SQ3R Membaca Kritis Sastra Siswa MI Kelas Lanjut. Jurnal PARAMASASTRA, 4(2). 323-339.
Copyright (c) 2024 Gusnetti Gusnetti, Ineng Naini, Romi Isnanda, Marsis Marsis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.