Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Mengkontruksi Teks Argumentasi

  • Olin Nita Universitas Bung Hatta
  • Ineng Naini Universitas Bung Hatta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman dengan mengkontruksi teks argumentasi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode korelasi.Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling.Sampel penelitian ini menggunakan siswa kelas X MAN 2 Payakumbuh yang berjumlah 30 siswa. Hasil rata-rata keterampilan membaca pemahaman siswa 84,2 dengan kualifikasi baik, dan rata-rata mengkontruksi teks argumentasi siswa rata-rata 87 dengan kualifikasi baik sekali. Setelah dianalisis dengan rumus uji-t ,diperoleh nilai thitung> ttabel 2,70>2,048. Simpulan, terdapat hubungan yang signifikan antaraketerampilan membaca pemahaman dengan mengkontruksi teks argumentasi

References

Afrianti, M. N., & Marlina, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Probing-Prompting bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Basicedu, 5(1), 272–279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.653

Andra, V. (2019). Korelasi Antara Kemampuan Membaca Kritis Dengan Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas Vii a Smp Negeri 9 Kota Bengkulu. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 77.
https://doi.org/10.29300/disastra.v1i1.1904

Apriyenti, L., Aurora, N., & Afnita, A. (2019). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Dan Keterampilan Menulis Teks Hasil Observasi Siswa Kelas Vii Smpn 16 Tebo. Caraka, 5(2), 141. https://doi.org/10.30738/caraka.v5i2.4400

Fauziah, N. (2022). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1541–1550.

Hendrisman. (2019). Hubungan Keterampilan Membaca Cerpen dengan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMAN 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima puluh Kota. Ensiklopedia of Journal, 2(1), 109–114.
http://jurnal.ensiklopediaku.org/ojs-2.4.8-3/index.php/ensiklopedia/article/view/352

Hidayat, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Curah Pendapat pada Perkuliahan Menulis Karangan Argumentatif. Literasi, 2(April), 25–31.

Indramini, I. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi Dengan Metode Topi Pemikiran (Six Thinking Hats) Pada Siswa Kelas X Sma Guppi Samata. Konfiks : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 53.
https://doi.org/10.26618/jk.v5i1.1340

Mulyati, S. (2019). Pengaruh Kemampuan Bernalar dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(01), 67.
https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i01.3514

Nengsih, D. F., & Iswari, M. (2019). Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model Word Square Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(1), 172–177.

Ni’amah, I. W., Poerwanti, J. I., & Winarni, R. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi Melalui Model Pembelajaran Savi ( Somatic Auditory Visualization Intellectualy ) Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 01, 23.

Peprina, R., Indrawati, S., & Ratnawati, L. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Kemampuan Bernalar terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi. LINGUA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 19, 110–117.

Praptanti, I. (2021). Pembelajaran Menulis Teks Argumentasi Berbasis Strategi Role Audience Format Topic (RAFT) Berbantuan Media Video Peristiwa Aktual Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 31. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9740

Sari, Y., & Rasyid, Y. (2020). Hubungan Antara Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X Smk Negeri 3 Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 446–453.

Suryani, A. (2021). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. De_Journal (Dharmas Education Journal), 2(2), 201–207.

Yusni, Y. (2019). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dan Struktur Kalimat Bahasa Indonesia dengan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(2), 440–455. https://doi.org/10.30605/onoma.v5i2.94

Zahara, D., & Afnita, A. (2020). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bonjol. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 83–92. https://doi.org/10.33369/diksa.v6i2.11062
Published
2022-06-13
How to Cite
Nita, O., & Naini, I. (2022). Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Mengkontruksi Teks Argumentasi. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 5(2), 221-236. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/kibasp.v5i2.3608
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times PDF downloaded = 0 times