Potret Perjuangan Hak Pendidikan Perempuan pada Film Kartini

Authors

  • Intan Suci Maulidiyah Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31539/kibasp.v8i2.11043

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk merepresentasikan usaha Kartini dalam memperjuangkan kesetaraan hak pendidikan perempuan pada film Kartini. Riset ini memakai pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data memakai teknik observasi dan dokumentasi. Dalam melakukan analisis, penulis memakai teori analisis semiotika yang dikembangkan oleh Charles Sanders Peirce. Pendekatan ini dipilih sebab teori Peirce mengandalkan logika dan penalaran untuk memahami tanda yang ada di dalam masyarakat. Penulis merujuk pada konsep segitiga makna dimana mencakup 3 elemen, yakni representament, object, serta interpretant. Temuan riset memperlihatkan jika ada makna dari potret perjuangan kesetaraan hak pendidikan perempuan yang terkandung di dalam film itu, yakni Kartini digambarkan sebagai sosok yang gigih dan tidak kenal lelah dalam memperjuangkan hak perempuan, khususnya di bidang pendidikan yang setara dengan laki-laki, Kartini menolak norma-norma patriarki yang membatasi kebebasan dan potensi perempuan, lewat usahanya mendirikan sekolah dan membuka peluang pendidikan bagi perempuan, Kartini memberdayakan perempuan untuk mengembangkan potensi mereka, dan perjuangan Kartini tidak hanya berdampak pada dirinya sendiri, tetapi juga menginspirasi perempuan lain dan membawa perubahan sosial yang signifikan dalam masyarakat.

 

Kata Kunci: Film Kartini, Hak Kesetaraan Pendidikan, Semiotika Charles Sanders Peirce

 

References

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianton, T. (2013). Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal dalam Film Indie Banyumas. Khazanah Pendidikan, 2(1), 1-10.

Baran, J. S. (2012). Pengantar Komunikasi Massa Literasi Media dan Budaya (terjemahan) Jakarta: Salemba Humanika.

Sobur, A. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mersita, M. (2022). Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce pada Music Video Permission to Dance oleh BTS. Thesis: Universitas Islam Riau.

Downloads

Published

2025-04-30